Pengalaman guru sekolah dasar dalam menggunakan media pembelajaran

Nursidiq, Aji Permana (2022) Pengalaman guru sekolah dasar dalam menggunakan media pembelajaran. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096128_Aji Permana Nursidiq_Lengkap] Text (Skripsi_1803096128_Aji Permana Nursidiq_Lengkap)
1803096128_Aji Permana Nursidiq_Full_Skripsi - Aji Permana Nursidiq UIN Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendapati pengalaman guru dalam menggunakan media pembelajaran dan mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat penggunaan media pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri dan Sekolah Dasar swasta yang bercirikan Islam.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dengan memberikan lembar survei online Google Forms sebagai studi awal, dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti sebagai studi pendalaman dengan teknik purposive sampling.
Hasil dari penelitian menemukan bahwa guru sekolah dasar lebih memilih media pembelajaran tradisional daripada media pembelajaran digital karena aksesibilitas dan portabilitas yang lebih besar. Namun, para guru melaporkan bahwa mereka kurang memanfaatkan media pembelajaran terbaru secara optimal karena mereka jarang menghadiri pelatihan sehingga kurang memiliki keterampilan dan kepercayaan diri yang diperlukan. Lebih lanjut, penelitian ini menunjukkan bahwa tantangan guru dalam menggunakan media pembelajaran antara lain kurangnya dukungan kepala sekolah dan orang tua, media pembelajaran digital yang kurang memadai, keterbatasan fasilitas dan sumber daya sekolah, dan alokasi waktu yang terbatas untuk mengajar. Temuan ini mengimprovisasikan guru sekolah dasar lebih aktif dan kreatif dalam mengembangkan keterampilan mengajar mereka. Selain itu, kepala sekolah juga diharapkan lebih memperhatikan peningkatan fasilitas sekolah, pengembangan diri guru, keterlibatan orang tua, dan pihak lain dalam melaksanakan program sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Pemilihan media;, Pengalaman guru; Hambatan guru; Fasilitas sekolah dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 22 Dec 2022 03:36
Last Modified: 22 Dec 2022 03:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18633

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics