Analisis soal tipe HOTS dalam buku fisika SMA kelas X pada materi dinamika partikel menggunakan taksonomi SOLO

Ummah, Nihlatul (2022) Analisis soal tipe HOTS dalam buku fisika SMA kelas X pada materi dinamika partikel menggunakan taksonomi SOLO. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1608066043_Nihlatul_Ummah] Text (Skripsi_1608066043_Nihlatul_Ummah)
Skripsi_1608066043_Nihlatul_Ummah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui profil soal HOTS pada materi dinamika partikel berdasarkan taksonomi SOLO guna untuk meningkatkan kualitas soal, agar diperoleh soal yang bermutu sebelum soal digunakan. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data penelitian ini yaitu menganalisis soal berkategori HOTS dan LOTS dengan indikator pencapaian kompetensi berdasarkan taksonomi SOLO yang berjumlah 70 butir yang terdiri atas soal pilihan ganda dan esai. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa angket lembar validator yang berupa data hasil dari analisis soal HOTS pada buku fisika kelas X materi dinamika partikel. Hasil penelitian analisis soal berkategori HOTS untuk soal pilihan ganda mendapat 66% sedangkan soal yang berkategori LOTS mendapat 34%, kemudian hasil analisis soal esai berkategori HOTS mendapat 51,8% sedangkan soal yang berkategori LOTS mendapat 48,2% artinya sudah sesuai dengan standar indikator kemampuan berpikir tingkat tinggi. Soal berkategori HOTS hanya ditemukan dari indikator multistruktural/(M2) dan relational/(R) dan belum ditemukan kriteria dari abstrak diperluas/(E).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis soal; HOTS; Dinamika partikel; Taksonomi SOLO
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 28 Dec 2022 06:41
Last Modified: 28 Dec 2022 06:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18657

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics