Analisis kemampuan computational thinking siswa SMA/MA pada materi vektor ditinjau dari perbedaan gender

Nisa, Agnes Firdatun (2022) Analisis kemampuan computational thinking siswa SMA/MA pada materi vektor ditinjau dari perbedaan gender. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808066036_Agnes_Firdatun_Nisa] Text (Skripsi_1808066036_Agnes_Firdatun_Nisa)
Skripsi_1808066036_Agnes_Firdatun_Nisa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Era digital menyebabkan pendidikan di Indonesia harus mampu mempersiapkan siswa agar mampu bersaing dalam perkembangan zaman. Salah satu ketrampilan yang wajib dimiliki di era digital ini salah satunya adalah kemampuan Computational Thinking. Computational Thinking merupakan cara berpikir dalam menyelesaikan masalah secara algoritmik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan Computational Thinking siswa kelas X di MA NU 04 Al Maarif Boja ditinjau dari perbedaan gender. Penelitian ini merupakan penelitian campuran (mix methode) dengan desain penelitian Explanations Model. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X MIPA MA NU 04 Al Maarif NU dengan jumlah 35 siswa yang kemudian dipilih 3 siswa perempuan dan 3 siswa laki-laki berdasarkan tingkat kemampuan Computational Thinking. Teknik pengumpulan data berupa tes dan wawancara. Hasil tes dianalisis dengan menggunakan Rasch Model dengan bantuan Softwere Winstep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan Computational Thinking siswa kelas X MIPA MA NU 04 Al Maarif Boja masih tergolong rendah dengan presentase 52%. Terdapat perbedaan kemampuan Computational Thinking antara siswa laki-laki dan perempuan berdasarkan hasul uji hipotesis dengan perolehan 0,26>α menunjukkan bahwa secara keseluruham, kemampuan siswa perempuan lebih tinggi daripada siswa laki-laki. Hasil analisis ini dapat dijadikan evalusi dalam pembelajaran sehingga guru dapat merancang pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan Computational Thinking siswa yang dapat memberikan perhatian khusus kepada siswa laki-laki dengan kemampuan yang lebih rendah dibandingkan perempuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Computational thinking; Gender; Vektor
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 28 Dec 2022 06:56
Last Modified: 28 Dec 2022 06:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18677

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics