Desain petunjuk praktikum berorientasi Chemo-Entrepreneurship (CEP) pada pembuatan produk kimia makromolekul
Faizah, Az-Zafira Syairul (2022) Desain petunjuk praktikum berorientasi Chemo-Entrepreneurship (CEP) pada pembuatan produk kimia makromolekul. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1808076060_Az-Zafira_Syairul_Faizah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB)
Abstract
Kegiatan praktikum dapat menjadikan pembelajaran kimia lebih bermakna, namun tidak semua materi dipraktikan di sekolah salah satunya materi makromolekul. Praktikum makromolekul tidak dilakukan karena tidak tersedianya buku petunjuk praktikum dan kurangnya pembelajaran yang dikaitkan dengan kehidupan tentang produk kimia yang bernilai ekonomis. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran berupa desain petunjuk praktikum berorientasi Chemo-Entrepreneurship (CEP). Metode pengembangan pada penelitian ini yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisi data menggunakan tabel Aiken’s V. Subjek penelitian pada uji coba produk yang dikembangkan pada penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA SMAN 1 Cepu. Produk yang dikembangkan divalidasi oleh enam validator dengan nilai validitas 0,846 atau dalam kategori valid menurut tabel Aiken’s V. Penilaian respons siswa diperoleh presentase sebesar 94,3% dalam kategori sangat baik. Simpulan yang dapat ditarik yaitu desain petunjuk praktikum berorientasi CEP layak digunakan.
ABSTRACT:
Practical activities can make chemistry learning more meaningful, but not all material is practiced in the schools, one of which is macromolecule material. The macromolecular practicum was not carried out due to the unavailability of practice guidelines and the lack of life-related learning about chemical products that have economic value. The purpose of this study was to develop and test the feasibility of learning media in the form of a Chemo-Entrepreneurship (CEP) oriented practice guidelines. The development method in this research is ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The data collection methods used are documentation, interviews, observations, and questionnaires. The research subjects in the product trial developed in this study were students of class XII MIPA SMAN 1 Cepu. The product developed was validated by six validators with a validity value of 0.846 or in the valid category according to Aiken's V table. Assessment of student responsses obtained a percentage of 94.3% in the very good category. The conclusion is the product is feasible to use.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Chemo-Entrepreneurship; Makromolekul; Petunjuk praktikum; Produk kimia |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 541 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Tiara Muna |
Date Deposited: | 28 Dec 2022 09:00 |
Last Modified: | 28 Dec 2022 09:00 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18702 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year