Pengembangan instrumen tes berbasis literasi sains bercirikan kearifan lokal menggunakan aplikasi Kahoot materi suhu dan kalor

Anzazmoro, Santi Rica (2022) Pengembangan instrumen tes berbasis literasi sains bercirikan kearifan lokal menggunakan aplikasi Kahoot materi suhu dan kalor. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808066060_Santi_Rica_Anzazmoro] Text (Skripsi_1808066060_Santi_Rica_Anzazmoro)
Skripsi_1808066060_Santi_Rica_Anzazmoro.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan instrumen tes berbasis literasi sains bercirikan kearifan lokal menggunakan aplikasi Kahoot! materi Suhu dan Kalor serta mengetahui respon peserta didik terhadap instrumen tes yang dikembangkan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 MA. Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara. Metode yang digunakan adalah metode Research and Development dengan model pengembangan Borg and Gall. Instrumen tes yang dikembangkan berupa soal pilihan ganda yang dilengkapi dengan artikel yang mencakup dua indikator literasi sains yaitu menjelaskan fenomena secara ilmiah dan menginterpretasikan data dan bukti secara ilmiah yang dihubungkan dengan kearifan lokal yang ada di Jepara meliputi kerajinan monel Kriyan, perang obor, dan pengolahan biji kopi Tempur. Hasil validasi menunjukkan bahwa instrumen tes yang dikembangkan dinyatakan Sangat Valid dengan indeks V sebesar 0,83. Reliabilitas instrumen tes yang dikembangkan dapat dikategorikan reliabel dengan hasil r hitung sebesar 0,44. Produk akhir instrumen tes menghasilkan 10 butir soal, 2 soal kategori mudah dan 8 soal kategori sedang. Daya beda soal terdiri atas 1 soal baik sekali; 2 soal baik; 4 soal cukup; dan 3 soal jelek. Hasil rata-rata respon peserta didik 76% yang dapat dikategorikan menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Instrumen tes; Literasi sains; Kearifan lokal; Kahoot!; Suhu dan kalor
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 536 Heat
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 28 Dec 2022 09:03
Last Modified: 28 Dec 2022 09:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18703

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics