Inovasi modul kimia larutan penyangga terintegrasi Augmented Reality (AR)

Aini, Khofifah Nurul (2022) Inovasi modul kimia larutan penyangga terintegrasi Augmented Reality (AR). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808076065_Khofifah_Nurul_Aini] Text (Skripsi_1808076065_Khofifah_Nurul_Aini)
Skripsi_1808076065_Khofifah_Nurul_Aini.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Proses pembelajaran dalam kelas yang masih berpusat pada guru serta kurangnya sumber belajar pada materi kimia, terkhusus pada materi larutan penyangga menyebabkan siswa kurang termotivasi dalam mempelajari materi. Larutan penyangga merupakan salah satu mata pelajaran dengan nilai yang belum mencapai KKM. Penggunaan smartphone dalam pembelajaran menjadi media belajar, untuk itu mengembangkan modul mandiri dengan menghubungkan Augmented Reality (AR) menjadi sebuah solusi yang tepat. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode RnD dengan model 4D namun hanya dilaksanakan 3 tahap yaitu define, design, dan develop. Tujuan penelitian untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap modul kimia larutan penyangga terintegrasi AR. Penilaian kelayakan media dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Pegandon. Karakteristik dari modul yang dikembangkan terdapat marker yang mampu discan sehingga menampilkan AR. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji kevalidan dengan formula aiken’s V, diperoleh hasil validitas oleh ahli materi dan ahli media berturut-turut sebesar 0,77 kategori valid dan 0,78 kategori valid. Hasil pengujian respon siswa diperoleh persentase keidealan media sebesar 93,3% dan penilaian kualitas aspek keseluruhan media sebesar 70 (Sangat Baik).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modul kimia; Larutan penyangga; Augmented Reality (AR)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 541 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 28 Dec 2022 09:04
Last Modified: 28 Dec 2022 09:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18704

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics