Pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran fiqih siswa MTs NU Sabilul Muttaqin Mejobo Kudus tahun ajaran 2021/2022

Mayasari, Devi (2022) Pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran fiqih siswa MTs NU Sabilul Muttaqin Mejobo Kudus tahun ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi1803016103_Devi Mayasari_Lengkap] Text (Skripsi1803016103_Devi Mayasari_Lengkap)
1803016103_Devi Mayasari_Lengkap Tugas Akhir - Devi Mayasari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kedisiplinan peserta didik terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran fiqih MTs NU Sabilul Muttaqin Mejobo Kudus tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya kedisiplinan siswa yang menurun diikuti dengan hasil kognitif siswa khususnya pada mata pelajaran Fiqih dikelas VII, VIII, dan IX di MTs Nu Sabilul Muttaqin Mejobo Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kedisiplinan belajar siswa, hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih serta membuktikan bahwa apakah memang benar kedisiplinan mempengaruhi hasil kognitif siswa terutama pada mata pelajaran fiqih di MTs NU Sabilul Muttaqin Kudus.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex-postfacto serta menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik regresi sederhana. Selain itu, sampel yang digunakan dalam Propotionate Stratified Random Sampling. Responden dalam penelitian ini berjumlah 101 peserta didik pada kelaas VII, VIII dan IX. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket untuk variabel kedisiplinan (X) dan dokumentasi untuk hasil belajar kognitif (Y).
Hasil perhitungan regresi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis sebesar Fhitung 4,107 > F tabel sebesar 3,098 dengan nilai Sig. sebesar 0,045. < 0,05 yang berarti bahwa H_(1 ) diterima. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara kedisiplinan terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran fiqih siswa MTs NU Sabilul Muttaqin Mejobo Kudus tahun ajaran 2021/2022.
Kedisiplinan peserta didik pada MTs NU Sabilul Muttaqin memiliki kualitas cukup baik yang ditunjukkan pada interval 66-73 dengan rata-rata 70. Selain itu, hasil belajar kognitif pada mata pelajaran fiqih di MTs NU Sabilul Muttaqin Mejobo Kudus juga memiliki kualitas yang cukup baik, hal ini ditunjukkan pada hasil analisis data yang menunjukkan interval 73-78 pada rata- rata 76,7.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan belajar; Hasil belajar; Fiqih
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 Disiplin siswa; pengharagaan siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Jan 2023 02:37
Last Modified: 02 Jan 2023 02:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18770

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics