Meningkatkan kemampuan keaksaraan melalui pembelajaran menebak kata pada anak Kelompok B di TK Tarbiyatul Athfal 01 Saripan Jepara tahun ajaran 2021/2022

Arsha, Radha Aliya (2023) Meningkatkan kemampuan keaksaraan melalui pembelajaran menebak kata pada anak Kelompok B di TK Tarbiyatul Athfal 01 Saripan Jepara tahun ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703106046_Radha Aliya Arsha_Full] Text (Skripsi_1703106046_Radha Aliya Arsha_Full)
1703106046_Radha Aliya Arsha_Full Skripsi - Radha Aliya Arsha.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kurangnya variasi media pembelajaran dalam pengenalan aksara pada anak kelompok B di TK Tarbiyatul Athfal 01 Saripan Jepara, menjadikan kurangnya minat belajar anak dikarenakan penggunaan media pembelajaran yang monoton. Hal ini berimbas pada perkembangan kemampuan keaksraan anak yang masih cukup rendah. Sehingga untuk menghadapi permasalahan tersebut, implementasi pembelajaran menggunakan media menebak kata menjadi pilihan dalam variasi media pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana pembelajaran media menebak kata dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan pada anak kelompok B di TK Tarbiyatul Athfal 01 Saripan Jepara tahun ajaran 2021/2022? 2) Bagaimana peningkatan kemampuan keaksaraan melalui pembelajaran menebak kata pada anak kelompok B di TK Tarbiyatul Athfal 01 Saripan Jepara tahun ajaran 2021/2022?
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan siswa kelompok B-2 TK Tarbiyatul Athfal 01 Saripan Jepara sebagai subjek penelitian, serta guru kelas kelompok B-2 sebagai kolaborator penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan data observasi tiap siklus, hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada persentase keberhasilan kelas pada pra siklus sebesar 36% kemudian meningkat menjadi 64% pada siklus I, dan pada siklus II persentase keberhasilan kelas meningkat kembali menjadi 94%. Sehingga total peningkatan persentase keberhasilan kelas mulai pra siklus hingga siklus II sebesar 58%. Serta 15 dari 16 anak telah mampu mencapai nilai indikator ketercapaian yang telah ditentukan (75%) pada siklus II.
Kesimpulannya bahwa pembelajaran menggunakan media menebak kata dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan pada anak kelompok B di TK Tarbiyatul Athfal 01 Saripan Jepara Tahun Ajaran 2021/2022. Serta terdapat saran untuk guru agar dapat memberikan variasi media pembelajaran pada anak sehingga tercipta suasana belajar yang tidak monoton dan dapat meningkatkan perkembangan kemampuan keaksaraan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan keaksaraan; Media pembelajaran; Menebak kata
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 30 Jan 2023 04:32
Last Modified: 30 Jan 2023 04:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19105

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics