Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) bahan alam untuk pengembangan kreativitas anak usia dini di TKIT AL-Huda Kabupaten Lamandau Kalimantan Tengah

Fatimah, Siti (2022) Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) bahan alam untuk pengembangan kreativitas anak usia dini di TKIT AL-Huda Kabupaten Lamandau Kalimantan Tengah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803106024_Siti Fatimah_Lengkap] Text (Skripsi_1803106024_Siti Fatimah_Lengkap)
1803106024_Siti Fatimah_Lengkap Tugas Akhir - Ara_ Ara.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang ditunjukan bagi anak-anak muda berusia pra sekolah dengan tujuan agar anak dapat mengembangkan potensinya sejak dini, sehingga mereka dapat berkembang secara wajar sebagai anak sesuai dengan tingkat usia dan tugas perkembangannya.
Alat Permainan Edukatif bahan alam dapat megembangkan kreativitas anak usia dini di TKIT Al-Huda, hal ini dapat dikatakan demikian karena harus dilihat dari tahapan-tahapan penggunaan APE bahan alam dan strategi pengembangan kreativitas anak, berikut tahapan penggunaan APE bahan alam tahap eksplorasi, tahap menirukan, tahap mencipta, dan tahap mengekspresikan.
Berdasarkan strategi pengembangan kreativitas ada tujuh kemampuan anak yang membuatnya dikatakan kreatif pada saat pembelajaran APE bahan alam yaitu kemampuan mencipta, kemampuan berimajinasi, kemampuan eksplorasi, kemampuan eksperimen, kemampuan proyek, kemampuan bermusik dan kemampuan berbahasa.
Hasil analisis akhir dari analisis diatas ialah APE bahan alam dapat mengembangkan kreativitas melalui 7 kemampuan dan 4 tahapan dapat digunakan untuk penggunaan APE bahan alam dalam mengembangkan kreativitas anak. Dengan hasil anak dapat membuat mobil dari pelepah pisang, Menyusun batu menjadi angka dan membuat boneka dari daun pisang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Alat Permainan Edukatif (APE); Bahan alam; Kreativitas; Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 31 Jan 2023 00:44
Last Modified: 31 Jan 2023 00:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19108

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics