Nilai-nilai karakter guru dalam Al-Qur’an Surah an-Nas ayat 1-6

Latif, Muhammad Khoirul (2022) Nilai-nilai karakter guru dalam Al-Qur’an Surah an-Nas ayat 1-6. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603016206_Muhammad Khoirul Latif_Lengkap] Text (Skripsi_1603016206_Muhammad Khoirul Latif_Lengkap)
1603016206_Muhammad Khoirul Latif_Tugas Akhir - khorul latif.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (994kB)

Abstract

Pendidikan tidak hanya transfer ilmu dari guru kepada pesrta didik, melainkan proses hubungan spiritual antara guru dan peserta didik, dimana seorang guru menjadi patokan peserta didik dalam berpikir dan bertindak. Guru adalah simbol dari apa yang diajarkan kepada peserta didik, serta karakter guru menentukan pembentukan karakter siswa di masa yang akan datang.
Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1) Apa saja nilai-nilai karakter guru yang terdapat dalam surah an-Nas ayat 1-6? Metode penelitian yang digunakan adalah library research (Penelitian Kepustakaan), yakni pengambilan data dari buku-buku atau karya ilmiah yang berkaitan dengan masalah yang akan dibahas baik berupa tafsir, al-Qur’an, pendidikan dan akhlak. Sedangkan dalam analisis dan pembahasan menggunakan metode deskriptif analisis. Metode tafsir yang digunakan adalah metode tahlili (analisis), dimana seorang mufassir berusaha menjelaskan ayat-ayat al-Qur’an, ayat demi ayat, sesuai dengan urutan dalam mushaf Utsmani.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter guru dalam al-Qur’an surah an-Nas ayat 1-6 yaitu: pertama, nilai karakter pengayom. Kedua, menguasai kelas. Ketiga, karakter religius. Keempat, nilai karakter mawas diri atau waspada terhadap bisikan yang samar dalam hati maupun bisikan dari lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Karakter guru; Surah an-Nas; Al Quran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 13 Feb 2023 07:05
Last Modified: 13 Feb 2023 07:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19159

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics