Kontribusi kegiatan guru penggerak PAI terhadap peningkatan kemampuan pembelajaran : studi atas kegiatan KKG PAI Kecamatan Gayamsari Kota Semarang
Afifah, Auliya (2022) Kontribusi kegiatan guru penggerak PAI terhadap peningkatan kemampuan pembelajaran : studi atas kegiatan KKG PAI Kecamatan Gayamsari Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1903016162_AULIYA AFIFAH_FULL SKRIPSI - Auliya Afifah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Pendidikan nasional berfungsi untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan pembelajaran, membentuk manusia berkarakter mulia, serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam optimalisasi pendidikan nasional, kemendikbud mengeluarkan kebijakan baru yaitu guru penggerak dengan tugas sebagai pemimpin pembelajaran bagi rekan sejawat. Peran guru prnggerak PAI yang mampu membantu rekan sejawatnya dalam menyelesaikan permasalah pembelajaran sudah berjalan, khususnya di Kecamatan Gayamsari Kota Semarang.
Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1) Bagaimanakah kontribusi guru penggerak PAI dalam meningkatkan kemampuan pembelajaran guru PAI pada kegiatan KKG PAI SD Kecamatan Gayamsari Kota Semarang? 2) Bagaimanakah implikasi kegiatan guru penggerak PAI terhadap kemampuan pembelajaran guru PAI pada kegiatan KKG PAI SD Kecamatan Gayamsari Kota Semarang?. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan populasi 29 anggota KKG PAI SD di Kecamatan Gayamsari Kota Semarang.
Berdasarkan perolehan skor kuesioner diketahui adanya kontribusi dan implikasi kegiatan guru penggerak PAI dalam meningkatkan kemampuan pembelajaran guru PAI. Pada kontribusi kegiatan guru penggerak PAI diperoleh presentase tinggi sebanyak 5 guru PAI (17%), sedang 22 guru PAI (76%), dan rendah sebanyak 2 guru PAI (7%). Adapun implikasi kontribusi kegiatan guru penggerak PAI pada kompetensi pedagogik anggota KKG PAI SD Kecamatan Gayamsari Kota Semarang yang memliki kategori tinggi sebanyak 5 guru PAI (17%), kategori sedang 22 guru PAI (73%) dan rendah sebanyak 3 guru PAI (10%). Sedangkan pada kompetensi profesional kategori tinggi sebanyak 4 guru PAI (14%), dan kategori sedang 25 guru PAI (86%). Berdasarkan kecenderungan responden dapat dikategorikan bahwa kontribusi dan implikasi guru penggerak PAI berada pada kategori sedang.
Hasil penelitian memberikan saran bahwa peran guru penggerak PAI layak dijadikan kebijakan pendidikan yang berkelanjutan. Peran guru PAI sangatlah penting dalam meningkatkan kemampuan pembelajaran peserta didik yang berdampak pada peningkatan mutu pendidikan PAI. Maka dari itu, dibutuhkan guru penggerak sebagai pemimpin pembelajaran, motivator, inovotar, maupun inspirator bagi guru PAI dalam meningkatan kemampuannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru penggerak; Kemampuan pembelajaran |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 10:09 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 10:09 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19242 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year