Penilaian otentik : penilaian abad 21, berbasis 4 cs
Winaryati, Eny and Munsarif, Muhammad and Mardiana, Mardiana and Suwahono, Suwahono (2022) Penilaian otentik : penilaian abad 21, berbasis 4 cs. 1 ed. PENERBIT KBM INDONESIA, Bantul. ISBN 978-623-499-102-4 (Unpublished)
BUKU PENILAIAN OTENTIK (Penilaian Abad 21, Berbasis 4 Cs) - Dr. Eny Winaryati, M.Pd., Dkk (2)_compressed (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Buku ini disusun untuk memberi kemudahan bagi dosen pemula, guru, calon guru dan mahasiswa dalam menyusun penilaian yang relevan dengan abad 21. Pembelajaran di abad 21 ini, menuntut pengajaran yang berfokus pada pembelajaran dan pengembangan kompetensi, dengan arah penilaian yang memberi rekomendasi reflektif aktif, penilaian yang kontekstual, interpretatif dan berbasis kinerja. Hal ini mengindikasikan perlunya alternatif penilaian dengan tugas-tugas yang menarik, berbasis
kehidupan nyata dan otentik atau penilaian berbasis kompetensi yang sesuai dengan tujuan pendidikan. Penilaian tidak hanya mengandalkan satu indicator saja, namun beberapa indikator akan diperlukan. Penilaian yang lebih baik harus membawa kejelasan dan konsensus tentang tujuan pendidikan, membantu guru menjadi lebih efektif, dan meningkatkan komitmen siswa terhadap pembelajaran akademik. Alternatif penilaian yang sesuai adalah PENILAIAN OTENTIK.
Penilaian otentik adalah penilaian yang mengharuskan siswa untuk menerapkan apa yang telah mereka pelajari dalam situasi baru yang kompleks, baik meliputi penilaian dunia nyata yang mengharuskan siswa untuk terlibat dalam situasi aktual di bidang mereka, dimana siswa terlibat dalam situasi meniru dunia nyata. Penilaian otentik mengukur keberhasilan siswa dengan cara yang relevan dengan keterampilan yang dibutuhkan, setelah mereka menyelesaikan pendidikan. Diantara penilaian
otentik adalah: rubrik, portofolio, refleksi mind mapping, esai, presentassi, role play, FGD, simulasi, penilaian dengan penggunaan teknologi seluler,dll. Guna menjawab kebutuhan diatas, maka buku ini dilengkapi dengan contoh penilaian otentik, cara menyusun rubrik yang dilengkapi dengan contoh, serta bagaimana cara mengembangkan portofolio, sehingga dapat memberi informasi pada orang tua, masyarakat, perusahaan, pemerintah, guru lain, dan sebagainya. Buku ini juga dilengkapi dengan instrument untuk menilai, keterlaksanaan penilaian otentik oleh guru/dosen. Guna menjaga kemutakhiran informasi, buku ini mengakomodir beberapa
artikel sebagai hasil penelitian yang sedang berkembang.
Item Type: | Book |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Abad 21; Berbasis 4 Cs; Portofolio |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1) |
Divisions: | Buku (Books) |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 02 May 2023 08:47 |
Last Modified: | 02 May 2023 08:47 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19681 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year