Klasifikasi citra mammografi pada kasus tumor jinak dan ganas berbasis ciri tekstur dan morfologi menggunakan metode multy layer perceptron

Munawaroh, Laelatul (2023) Klasifikasi citra mammografi pada kasus tumor jinak dan ganas berbasis ciri tekstur dan morfologi menggunakan metode multy layer perceptron. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1708026018_Laelatul_Munawaroh] Text (SKRIPSI_1708026018_Laelatul_Munawaroh)
1708026018_Laelatul Munawaroh_Lengkap Tugas Akhir - Laelatul Munawaroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Mammografi merupakan salah satu teknik pemeriksaan radiologi dalam mendeteksi kelainan berupa tumor pada payudara. Mammografi menghasilkan citra payudara yang masih memiliki kekurangan seperti derau atau noise sehingga dapat menyebabkan perbedaan interpretasi dokter terhadap hasil citra mammografi. Computer Aided Diagnosis (CAD) adalah sistem komputer yang dapat dijadikan sebagai second opinion dalam menentukan karakteristik nodul pada citra mammografi. Penelitan ini bertujuan untuk mengklasifikasikan citra mammografi dengan membedakan tumor jinak dan ganas berbasis ciri tekstur dan morfologi menggunakan metode Multy Layer Perceptron. Sistem CAD dilakukan menggunakan metode cropping, filtering menggunakan adaptif median filter, segmentasi, serta ekstraksi ciri tekstur (histogram, GLCM, GLRLM) dan morfologi (perimeter dan roundness) sebagai masukkan dalam tahap klasifikasi menggunakan scilab. Tahap klasifikasi menggunakan metode Multy Layer Perceptron. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa klasifikasi citra mammografi berdasarkan ciri tekstur adalah pada tumor jinak gambar lebih halus dibanding tumor ganas karena nilai energi tumor jinak lebih besar daripada tumor ganas, distribusi skala abu-abu lebih homogen pada tumor jinak dibanding tumor ganas karena homogenitas pada tumor jinak lebih kecil daripada tumor ganas dan untuk ciri morfologi yaitu pada tumor jinak bentuk nodul lebih teratur daripada tumor ganas yang lebih kasar serta hasil akurasi pada 5 folds cross validation sebesar 74%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mammografi; ekstraksi tekstur; MLP
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 535 Light and related radiation
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 45201 - Fisika
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 15 Apr 2023 03:49
Last Modified: 15 Apr 2023 03:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19774

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics