Analisis kemampuan pemahaman matematis pada materi relasi dan fungsi ditinjau dari minat belajar siswa SMP Negeri 30 Semarang

Sari, Novia Ella (2022) Analisis kemampuan pemahaman matematis pada materi relasi dan fungsi ditinjau dari minat belajar siswa SMP Negeri 30 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808056105_Novia_Ella_Sari] Text (Skripsi_1808056105_Novia_Ella_Sari)
Skripsi_1808056105_Novia_Ella_Sari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemahaman matematis siswa dalam pembelajaran matematika. Indikator yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemahaman matematis yaitu: 1) mengidentifikasi dan membuat contoh dan bukan contoh, 2) menerjemahkan dan menafsirkan makna simbol, tabel, diagram, gambar, grafik, serta kalimat matematis, 3) memahami dan menerapkan ide matematis, 4) menjelaskan dan menginterpretasikan hasil penyelesaian masalah. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemahaman matematis adalah minat belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemahaman matematis pada materi relasi dan fungsi ditinjau dari minat belajar siswa kelas IX SMP Negeri 30 Semarang yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX B yang berjumlah 32 siswa. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat 14 siswa dengan minat belajar rendah, 12 siswa dengan minat belajar sedang, 6 siswa dengan minat belajar tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan minat belajar rendah cenderung tidak mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemahaman matematis (2) Siswa dengan minat belajar sedang lebih menguasai indikator menerjemahkan dan menafsirkan makna simbol, tabel, diagram, gambar, grafik, serta kalimat matematis & menjelaskan dan menginterpretasikan hasil penyelesaian masalah (3) Siswa dengan minat belajar tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemahaman matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemahaman matematis; Minat belajar; Relasi dan fungsi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 15 Apr 2023 07:48
Last Modified: 15 Apr 2023 07:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19782

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics