Analisis butir soal ujian sekolah MA Yafalah mapel fisika menggunakan taxonomy of introductory physics problem terhadap tingkat pemecahan soal siswa kelas XII

Robikhan, Robikhan (2023) Analisis butir soal ujian sekolah MA Yafalah mapel fisika menggunakan taxonomy of introductory physics problem terhadap tingkat pemecahan soal siswa kelas XII. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503066039_Robikhan] Text (SKRIPSI_1503066039_Robikhan)
1503066039_Robikhan_Full skripsi - Syaifudin Zuhri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui analisis butir soal ujian sekolah MA Yafalah mata pelajaran fisika siswa kelas XII. Komposisi sistem kognitif pada soal ujian sekolah berdasarkan Taxonomy Of Introductory Physics Problem diharapkan siswa dapat menyelesaikan tingkat soal ujian sekolah mata pelajaran fisika. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa MA Yafalah kelas XII . Teknik pengambilan data yang digunakan dengan menguji kualitas ujian sekolah MA Yafalah yang ditinjau dari kevalidan, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal dengan sistem kognitif berdasarkan Taxonomy Of Introductry Phyisics problem. Berdasarkan hasil penelitian butir soal ujian sekolah yang diajukan memiliki validitas valid, tingkat kesukaran yang sukar, dan empat indikator TIPP yaitu mengingat, memahami, menganalisis, dan pemanfaatan pengetahuan. Tingkat kemampuan penyelesaian soal ujian sekolah mata peajaran fisika pada siswa MA Yafalah kela XII berada pada kategori sangat baik 25%, baik 46%, cukup 9,3%, dan kurang 6,6%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan dalam mengembangkan meningkatkan kualitas pembelajaran fisika bagi siswa dimasa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: TIPP; taxonomy of phyisics; MA Yafalah
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 17 Apr 2023 02:45
Last Modified: 17 Apr 2023 02:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19783

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics