Pengembangan media pembelajaran berbentuk video animasi dengan aplikasi blender pada materi gelombang bunyi dan cahaya, alat optik, serta pemanasan global

Suandi, Nikintan (2022) Pengembangan media pembelajaran berbentuk video animasi dengan aplikasi blender pada materi gelombang bunyi dan cahaya, alat optik, serta pemanasan global. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1608088030_Nikintan_Suandi] Text (SKRIPSI_1608088030_Nikintan_Suandi)
1608066030 _Nikintan_Suandi_Lengkap_Skripsi - Nikintan Suandi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Fisika merupakan salah satu materi pelajaran yang sering dianggap sulit oleh peserta didik. Penggunaan media pembelajaran berbentuk video animasi masih jarang digunakan dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini dilakukan untuk menguji kelayakan media pembelajaran berbentuk video animasi yang dibuat menggunakan aplikasi Blender. Pada penelitian ini dilakukan uji kelayakan oleh validator ahli dan uji respon oleh siswa kelas XI MA Miftahul Huda Brakas, Demak dengan menggunakan instrumen penilaian berupa angket dengan skala likert 4 poin. Hasil uji kelayakan produk oleh validator ahli diperoleh kategori sangat layak untuk semua aspek penilaian. Hasil uji responden untuk aspek pengoperasian termasuk dalam kategori sangat baik, sedangkan aspek lainnya yaitu aspek komunikasi, aspek materi dan bahasa, serta aspek kemenarikan termasuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Blender; animasi; fisika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 536 Heat
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 17 Apr 2023 02:55
Last Modified: 17 Apr 2023 02:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19784

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics