Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis android pada materi momentum dan impuls untuk siswa SMA/MA

Islamiyati, Risma (2022) Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis android pada materi momentum dan impuls untuk siswa SMA/MA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1808066046_Risma_Islamiyati] Text (SKRIPSI_1808066046_Risma_Islamiyati)
1808066046_Risma Islamiyati_Full_Skripsi (2) - Risma Islamiyati(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya media pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Penggunaan media yang kurang beragam menyebabkan proses pembelajaran berjalan kurang optimal sehingga diperlukan media yang kreatif dan menarik untuk mengoptimalkan pembelajaran. Teknologi seluler membuka peluang tentang metode pengajaran dan pembelajaran baru yang lebih menarik, baik di dalam maupun di luar kelas. Penelitian ini termasuk penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dan menghasilkan produk media pembelajaran berupa aplikasi android dengan materi pokok Momentum dan Impuls. Aplikasi ini dikembangkan dengan bantuan Kodular dan dapat dijalankan pada android minimal versi 7.0 atau Nougat. Hasil penilaian dari validator menunjukkan media yang dikembangkan masuk kategori “Sangat Layak” dengan perolehan persentase sebesar 87,5% ditinjau dari aspek media dan materi. Adapun rata-rata penilaian siswa terhadap media sebesar 4,57 yang artinya media masuk dalam kategori “Sangat Baik”. Efektivitas media diperoleh dari hasil belajar siswa setelah menggunakan media. Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa sebanyak 82% siswa tuntas secara klasikal. Hal ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan produk ini memenuhi tiga kriteria yaitu “Sangat Layak” menurut ahli, “Sangat Baik” menurut siswa, dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; android; momentum dan Impuls; kodular
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 17 Apr 2023 06:49
Last Modified: 17 Apr 2023 06:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19795

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics