Laporan penelitian : analisis kinerja algoritma klasifikasi c5.0 dan naïve bayes untuk pengenalan pola lulusan mahasiswa

Rachmawati, Ariska Kurnia and Ardani, Riska Ayu (2021) Laporan penelitian : analisis kinerja algoritma klasifikasi c5.0 dan naïve bayes untuk pengenalan pola lulusan mahasiswa. Project Report. Fakultas Sains Dan Teknologi, Semarang. (Submitted)

[thumbnail of 2021_LAPORAN_PENELITIAN_ARISKA_KURNIA_DAN RISKA_AYU] Text (2021_LAPORAN_PENELITIAN_ARISKA_KURNIA_DAN RISKA_AYU)
9. Laporan penelitian_analisis kinerja algoritma C5.0 dan naive bayes Ariska Kurnia dan Riska Ayu.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Salah satu hal yang menjadi perhatian dalam peningkatan mutu pendidikan tinggi di UIN Walisongo adalah mempersiapkan tindakan preventif terhadap mahasiswa yang berpotensi mengalami hambatan dalam proses pembelajaran. Hambatan yang berpotensi dihadapi mahasiswa adalah lamanya masa studi yang beragam, cepat atau lama. Untuk menangani hal tersebut dibangunlah sistem klasifikasi pola lulusan mahasiswa menggunakan model algoritma C5.0 dan Naïve Bayes terhadap data mahasiswa Program Studi Matematika Tahun 2015 dan 2016. Dalam penelitian ini, pola lulusan akan diklasifikasikan menjadi dua yaitu lulus tepat waktu dan tidak lulus tepat waktu. Pengujian dilakukan dengan cara mengukur kinerja dua algoritma tersebut menggunakan metode pengujian Confussion Matrix dan nilai kurva ROC. Hasil pengujian menunjukkan bahwa algoritma C5.0 memberikan hasil yang lebih baik daripada Algoritma Naïve Bayes yang ditunjukkan berdasarkan nilai Akurasi sebesar 94,12% dan dibandingkan hasil yang didapatkan algoritma Naïve Bayes yaitu nilai akurasi 91,18%. Secara keseluruhan, variabel yang paling mempengaruhi hasil prediksi pola lulusan adalah IP Semester 1, IP Semester 3, IP Semester 8, jenis kelamin,jumlah sks total dan jalur masuk yang diikuti.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: klasifikasi; Algoritma C5.0, Algoritma Naïve Bayes; Data Mining; pola lulusan.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic
Divisions: Laporan Penelitian (Research Reports)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:42
Last Modified: 07 Aug 2023 04:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19884

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics