Implementasi keterampilan dasar mengajar guru pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di Mi Miftahul Akhlaqiyah Semarang tahun pelajaran 2022/2023

Dewi, Odelia Asta (2022) Implementasi keterampilan dasar mengajar guru pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di Mi Miftahul Akhlaqiyah Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096041_Odelia Asta Dewi_Lengkap] Text (Skripsi_1803096041_Odelia Asta Dewi_Lengkap)
1803096041_Odelia Asta Dewi_Lengkap Tugas Akhir - Odelia Astadewi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Keterampilan dasar mengajar merupakan faktor penunjang keberhasilan bagi guru agar tujuan pembelajaran yang dirumuskan dapat tercapai dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi keterampilan dasar mengajar guru serta faktor pendukung dan penghambat keterampilan dasar mengajar guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Temuannya adalah guru menerapkan delapan keterampilan dasar mengajar, diantaranya keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan pelajaran, keterampilan bertanya, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan memberikan penguatan, keterampilan mengelola kelas, keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil. Faktor pendukungnya yaitu latar belakang pendidikan guru, kepribadian guru, pengalaman mengajar, mata pelajaran dan lingkungan sekolah. Faktor penghambatnya yaitu usia guru, karakteristik siswa dan fasilitas fisik yang didapat siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Dasar mengajar; Guru; Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 28 Jul 2023 03:03
Last Modified: 28 Jul 2023 03:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20192

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics