Peran guru dalam peningkatan perilaku positif siswa kelas 5 melalui metode pendidikan akhlak di MIM Puluhan Klaten tahun 2021/2022

Aini, Fitrotul (2022) Peran guru dalam peningkatan perilaku positif siswa kelas 5 melalui metode pendidikan akhlak di MIM Puluhan Klaten tahun 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096069_Fitrotul Aini_Full] Text (Skripsi_1803096069_Fitrotul Aini_Full)
1803096069_Fitrotul Aini_Full_Skripsi - fitroh aini.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran guru dalam peningkatan perilaku positif siswa kelas 5 melalui metode pendidikan akhlak di MIM Puluhan Klaten tahun 2021/2022, aspek yang dikaji adalah: (1) Peran guru dalam peningkatan perilaku siswa kelas 5 melalui metode pendidikan akhlak, (2) Faktor pendukung metode pendidikan akhlak dalam peningkatan perilaku positif siswa kelas 5, (3) Hambatan dan solusi guru dalam peningkatan perilaku positif siswa kelas 5 melalui metode pendidikan akhlak.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan Pendekatan deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang menghasilkan data berupa data tertulis, lisan, maupun foto. Kemudian dianalisis dan dituangkan menjadi bentuk uraian deskriptif.
Hasil penelitian: (1) Peningkatan perilaku positif siswa kelas 5 di MIM Puluhan Klaten tidak terlepas dari peran guru melalui metode pendidikan akhlak yang meliputi empat metode yaitu metode keteladanan, metode pembiasaan, metode memberi nasehat, dan metode hukuman. (2) Faktor pendukung metode pendidikan akhlak: guru, adanya kerjasama semua pihak sekolah, kerjasama antara orang tua dan guru kelas, internal sekolah, kemauan dan kesadaran dalam diri siswa, dan materi yang berhubungan dengan perilaku positif. (3) Hambatan: penyalahgunaan teknologi, lingkungan yang tidak kondusif dan pergaulan siswa, karakter siswa yang susah diatur, kurang adanya komunikasi antara guru dan siswa. Solusi:memanfaatkan teknologi dengan benar, memilih lingkungan dan pertemanan yang baik, membiasakan siswa berperilaku positif, dan membangun komunikasi antara guru dan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran guru; Perilaku positif; Siswa; Pendidikan akhlak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 29 Jul 2023 02:34
Last Modified: 29 Jul 2023 02:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20216

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics