Pengaruh penerapan ice breaking terhadap hasil belajar siswa pada muatan Bahasa Indonesia Kelas V MI Mathalibul Huda Mlonggo tahun pelajaran 2022/2023

Dani, Nora Alfina (2022) Pengaruh penerapan ice breaking terhadap hasil belajar siswa pada muatan Bahasa Indonesia Kelas V MI Mathalibul Huda Mlonggo tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096117_Nora Alfina_Lengkap] Text (Skripsi_1803096117_Nora Alfina_Lengkap)
1803096117_Nora Alfina_Lengkap Tugas Akhir-8 - nora alfina.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penyusunan skripsi ini dilatarbelakangi oleh keadaan siswa yang pasif dan tidak aktif selama proses pembelajaran berlangsung, sehingga hasil belajar murid belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 60. Dari jumlah murid 35 orang, yang masih dibawah KKM sebanyak 22 orang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah meneliti tentang bagaimana pengaruh penerapan ice breaking terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MI Mathalibul Huda Mlonggo Tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen murni tipe pretest-postest design menggunakan kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji t-test untuk hasil postes. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan, didapatkan nilai t tabel adalah 2,00 sedangkan untuk nilai t hitung adalah 2,32. Artinya, nilai t hitung lebih tinggi jika dibandingkan dengan t tabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar yang dimiliki oleh kelas eksperimen (kelas yang mendapatkan ice breaking) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (Kelas yang tidak mendapatkan ice breaking). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan ice breaking dapat memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V MI Mathalibul Huda Mlonggo Tahun pelajaran 2022/2023

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ice breaking; Hasil belajar; Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 29 Jul 2023 03:09
Last Modified: 29 Jul 2023 03:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20220

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics