Pengembangan buku petunjuk praktikum dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning berbasis etnosains pada materi laju reaksi

Indriyanti, Octavina (2022) Pengembangan buku petunjuk praktikum dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning berbasis etnosains pada materi laju reaksi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908076022_Octavina Indriyanti_Lengkap] Text (Skripsi_1908076022_Octavina Indriyanti_Lengkap)
1908076022_Octavina Indriyanti_Lengkap Tugas Akhir - Octavina Indriyanti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini berdasarkan atas belum adanya buku petunjuk praktikum di sekolah, minimnya pengetahuan peserta didik mengenai manajemen laboratorium dan teknik dasar laboratorium, masih banyaknya peserta didik yang tidak paham dan belum mengetahui tentang sains terkhusus konteks kimia dalam kehidupan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kelayakan buku petunjuk praktikum dengan pendekatan contextual teaching and learning berbasis etnosains. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian ADDIE. Penilaian kelayakan buku petunjuk praktikum ini menggunakan validasi ahli materi, ahli media, penilaian guru, dan respon peserta didik. Hasil karakteristik berupa buku petunjuk praktikum berisi empat percobaan yang dilengkapi dengan keselamatan kerja di laboratorium, kegiatan pembelajaran yang mencakup materi laju reaksi berbasis sains masyarakat serta penggunaan komponen contextual teaching and learning yang disajikan dalam bentuk cetak. Hasil validasi ahli materi dan media berturut-turut 0,83 dan 0,81 yang menyatakan buku petunjuk praktikum masuk dalam kategori sangat layak berdasarkan tabel kriteria kelayakan produk. Hasil penilaian guru dan peserta didik berturut-turut menunjukkan persentase sebesar 90% dan 91,4%, yang menunjukkan kelayakan buku dengan kategori sangat layak dijadikan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Praktikum; Contextual Teaching and Learning (CTL); Etnosains
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 541 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 31 Jul 2023 07:09
Last Modified: 31 Jul 2023 07:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20248

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics