Analisis kemampuan penalaran aljabar siswa dalam menyelesaikan masalah matematika program linear Kelas XI SMA Kesatrian 1 Semarang

Frazwanti, Yuni (2023) Analisis kemampuan penalaran aljabar siswa dalam menyelesaikan masalah matematika program linear Kelas XI SMA Kesatrian 1 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808056020_Yuni Frazwanti_Lengkap] Text (Skripsi_1808056020_Yuni Frazwanti_Lengkap)
1808056020_Yuni Frazwanti_Lengkap Tugas Akhir - Yuni Frazwanti.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi tentang pentingnya kemampuan penalaran aljabar pada pembelajaran matematika. Berdasarkan TIMSS tahun 2011 menunjukkan bahwa persentase hasil pada domain kemampuan penalaran aljabar merupakan hasil paling rendah. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran aljabar dalam menyelesaikan masalah matematika program linear kelas XI SMA Kesatrian 1 Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMA Kesatrian 1 Semarang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes tertulis dan pendoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa dengan kemampuan penalaran tinggi mampu memenuhi ke tiga indikator kemampuan penalaran aljabar yaitu mencari pola, mengenali pola, dan generalisasi, (2) Siswa dengan kemampuan penalaran aljabar sedang mampu memenuhi dua indikator kemampuan penalaran aljabar yaitu mencari pola dan mengenali pola, sedangkan (3) Sebagian siswa yang memiliki kemampuan penalaran aljabar rendah hanya mampu memenuhi satu indikator kemampuan penalaran aljabar yaitu mencari pola.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitatif deskriptif; Pola; Generalisasi
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 31 Jul 2023 07:44
Last Modified: 31 Jul 2023 07:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20256

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics