Kontribusi guru PAI dalam menanggulangi paham radikalisme di MA. Matholi’ul Anwar Karanggeneng Lamongan

Rohmah, Siti (2022) Kontribusi guru PAI dalam menanggulangi paham radikalisme di MA. Matholi’ul Anwar Karanggeneng Lamongan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016007_Siti Rohmah_Lengkap] Text (Skripsi_1803016007_Siti Rohmah_Lengkap)
1803016007_Siti Rohmah_Lengkap Tugas Akhir - Siti Rohmah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Fenomena kekerasan agama yang sering disebut radikalisme telah tumbuh dan berkembang dalam berbagai lapisan masyarakat, berbagai aksi kekerasan dan teror menjadi tanda peningkatan radikalisme agama di Indonesia. Penyebaran paham radikalisme sendiri sangat rentan terjadi di tengah-tengah umat Islam. Kelompok berpaham radikalisme ini berupaya secara intensif untuk menanamkan nilai-nilai radikal kepada masyarakat melalui jalur-jalur dakwah dan pendidikan, oleh karena itu untuk menghalau adanya penyebaran radikalisme di lingkungan pendidikan, salah satu yang berperan penting dalam membentengi peserta didik adalah guru pendidikan agama Islam.
Penelitian ini mengambil fokus permasalahan yaitu bagaimana kontribusi guru PAI dalam menanggulangi potensi paham radikalisme di MA. Matholi’ul Anwar Karanggeneng Lamongan?
Kontribusi guru PAI sangat besar dalam upaya menghalau penyebaran benih-benih radikalisme di MA. Matholi’ul Anwar yaitu antara lain: 1) Memberikan pemahaman agama Islam yang rahmatan lil ‘alamin berdasarkan dalil aqli dan naqli 2) Menyampaikan materi dengan mengintegrasikannya ke dalam nilai-nilai anti radikal 3) Mengenalkan dan menerapkan pendidikan multikultural 4) Menerapkan pembelajaran yang dialogis 5) Menanamkan pesan-pesan moral kepada peserta didik 6) Mengawasi dan mengontrol perkembangan perilaku peserta didik 7) Menjadi konselor untuk peserta didik 8) Menjadi model teladan dan pembentukan budaya religius 9) Guru PAI juga mengawasi dan megontrol kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di MA. Matholi’ul Anwar.
Hasil penelitian mendapat kesimpulan yaitu segala upaya yang dilakukan guru PAI untuk memproteksi peserta didik dari paham radikalisme telah memberikan dampak yang positif, antara lain peserta didik dapat memahami dan menerapkan nilai-nilai agama Islam yang rahmatan lil ‘alamin dalam kehidupan sehari-hari, selalu mengedepankan sikap toleransi dalam menghadapi setiap perbedaan, serta telah terbentuk sikap yang kritis dan analitis sehingga ketika peserta didik menerima suatu informasi atau mendapat pengaruh dari lain mereka bisa menyaringnya dan mengkajinya hingga mereka bisa memilah yang benar dan salah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Radikalisme; Guru PAI; Kontribusi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 01 Aug 2023 07:59
Last Modified: 01 Aug 2023 07:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20293

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics