Implementasi standar penilaian pelajaran rumpun agama untuk peningkatan kualitas lulusan MAN 1 Kota Semarang

Herdarliana, Erizka Novita (2022) Implementasi standar penilaian pelajaran rumpun agama untuk peningkatan kualitas lulusan MAN 1 Kota Semarang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tesis_2003038009_Erizka_Novita_Herdarliana] Text (Tesis_2003038009_Erizka_Novita_Herdarliana)
Tesis_2003038009_Erizka_Novita_Herdarliana_compressed.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan penilaian pelajaran rumpun agama dilakukan sesuai prosedur dan terwujudnya produk sesuai standar harus benar- benar di fahami sebagai prinsip dasar peningkatan kualitas lulusan. Banyaknya kriteria penilaian sedangkan waktu yang dimiliki guru sangatlah terbatas. Kesenjangan ini mengakibatkan guru kesulitan dalam memenuhi penilaian sesuai standar penilaian. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan :i(1) Bagaimana implementasi standar penilaian pelajaran rumpun agama di MAN 1 Kota Semarang?(2) Bagaimana implikasi impelementasi standar penilaian pelajaran rumpun agama terhadap kualitas lulusan MAN 1 Kota Semarang?. Permasalahan itu dibahas melalui studi lapangan. Lokasi penelitian sebagai sumber data melalui wawancara bebas, observasi dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan analisis deskriptif menggunakan logika induksi, deduksi dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:(1) Implementasi standar penilaian rumpun agama di MAN 1 Kota Semarang melalui perencanaan yang disiapkan guru pada awal semester berupa administrasi pembelajaran, RPP, Silabus, Pemetaan KI dan KD, bank soal, jurnal harian, dan buku nilai. Pengorganisasian dilakukan untuk mensukseskan tujuan bersama dengan membuat prosedur terstruktur pada seluruh stakeholder yang ada di MAN 1 Kota Semarang. (2) Implikasi terhadap kualitas lulusan MAN 1 Kota Semarang, berimplikasi pada kualitas lebih meningkat, kompetensi guru meningkat, pengembangan diri siswa dan percaya diri dalam masyarakat. Besar harapan peneliti temuan tersebut dapat memberikan acuan bagi guru dalam melaksanakan penilaian dalam memperbaiki perannya sebagai guru rumpun agama.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Standar penilaian; Pelajaran rumpun agama; Kualitas lulusan; Madrasah aliyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86131 - Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:45
Last Modified: 31 Aug 2023 03:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20873

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics