Pengaruh pelatihan dan pengalaman mengajar terhadap kinerja guru di SMP Negeri 2 Nalumsari Jepara
Marfu’ah, Darajatul (2023) Pengaruh pelatihan dan pengalaman mengajar terhadap kinerja guru di SMP Negeri 2 Nalumsari Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1803036110_Darajatul Marfu'ah_Skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB)
Abstract
Guru dianggap sebagai figur yang memiliki kedudukan penting dalam pendidikan, sehingga guru dituntut untuk terus meningkatkan kualitas dalam menjalankan tugasnya agar memiliki kinerja yang baik. Guru perlu diberi peluang untuk mengembangkan segala potensinya agar memiliki kinerja yang baik dan profesional, karena menjadi guru yang kompeten memerlukan pelatihan dan pengalaman mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) menjelaskan pengaruh pelatihan terhadap kinerja guru di SMP Negeri 2 Nalumsari Jepara, 2) menjelaskan pengaruh pengalaman mengajar terhadap kinerja guru di SMP Negeri 2 Nalumsari Jepara, dan 3) menjelakan pengaruh pelatihan dan pengalaman mengajar secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMP Negeri 2 Nalumsari. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket dengan jumlah responden 52 guru. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan metode analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan berganda pada aplikasi SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tidak terdapat pengaruh pelatihan terhadap kinerja guru di SMP Negeri 2 Nalumsari Jepara dengan t-hitung = 0,782 < t-tabel = 2,009 pada taraf signifikansi 5%. 2) terdapat pengaruh pengalaman mengajar terhadap kinerja guru di SMP Negeri 2 Nalumsari Jepara dengan t-hitung = 2,143 > t-tabel = 2,009 pada taraf signifikansi 5%. 3) terdapat pengaruh pelatihan dan pengalaman mengajar secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMP Negeri 2 Nalumsari Jepara dengan F-hitung = 6,760 > F-tabel = 3,19 pada taraf signifikansi 5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru; Pendidik; Kinerja Guru |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
Depositing User: | Umar Falahul Alam |
Date Deposited: | 02 Sep 2023 02:37 |
Last Modified: | 02 Sep 2023 02:37 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20921 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year