Penerapan hukum mortalita makeham dan tingkat suku bunga stokastik untuk perhitungan nilai manfaat dan premi berjangka (studi kasus pada tabel mortalita Indonesia IV dan suku bunga bank Indonesia sejak November 2017 s/d September 2022)

Auliya, Layli Hikmatul (2022) Penerapan hukum mortalita makeham dan tingkat suku bunga stokastik untuk perhitungan nilai manfaat dan premi berjangka (studi kasus pada tabel mortalita Indonesia IV dan suku bunga bank Indonesia sejak November 2017 s/d September 2022). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1808046009_LAYLI_HIKMATUL_AULIYA] Text (SKRIPSI_1808046009_LAYLI_HIKMATUL_AULIYA)
1808046009_Layli Hikmatul Auliya_Full Skripsi - 68-Layli Hikmatul Auliya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

tingkat suku bunga dan tabel mortalita Indonesia. Salah satu hukum mortalita yang terkenal adalah hukum mortalita Makeham. Perbedaan pada data dari pendekatan hukum mortalita Makeham dan tabel mortalita akan mempengaruhi keakuratan dalam mengestimasi besaran nilai manfaat dan premi. Sementara tingkat suku bunga yang dipakai untuk menghitung nilai manfaat dan premi biasanya berbentuk konstan, namun pada kenyataannya suku bunga dapat mengalami perubahan karena beberapa faktor, salah satunya yaitu faktor inflasi maka tingkat suku bunga akan mengalami perubahan atau berubah-ubah. Tingkat suku bunga digunakan pada perhitungan suku bunga saat (t+1) yang kemudian dapat digunakan untuk menghitung nilai manfaat dan premi pada asuransi jiwa berjangka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya nilai manfaat dan premi menggunakan hukum mortalita Makeham dan tingkat suku bunga berubah secara stokastik. Mengingat pembayaran premi adalah pembayaran jangka panjang yang mana tingkat suku bunga akan mengalami perubahan karena beberapa faktor dan perubahannya tidak dapat di prediksi maka tingkat suku bunga yang digunakan adalah tingkat suku bunga stokastik. Langkah yang dilakukan yaitu menghitung tingkat suku bunga saat t+1, menghitung peluang meninggal berdasarkan hukm mortalita Makeham, menghitung nilai manfaat, anuitas dan premi. Hasil perhitungan menunjukkan semakin tinggi usia seseorang maka nilai manfaat dan premi yang dibayarkan semakin besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Makeham; Stokastik; Nilai Manfaat dan Premi
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 44201 - Matematika
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 06 Sep 2023 10:13
Last Modified: 06 Sep 2023 10:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20992

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics