Modernisasi sistem pembelajaran pesantren (studi pada pondok pesantren Al-Hikmah Pedurungan Semarang)
Nuri, Khoiron (2011) Modernisasi sistem pembelajaran pesantren (studi pada pondok pesantren Al-Hikmah Pedurungan Semarang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63111030-coverdll.pdf - Accepted Version
Download (239kB) | Preview
63111030-Bab1.pdf - Accepted Version
Download (73kB) | Preview
63111030-Bab2.pdf - Accepted Version
Download (136kB) | Preview
63111030-Bab3.pdf - Accepted Version
Download (31kB) | Preview
63111030-Bab4.pdf - Accepted Version
Download (150kB) | Preview
63111030-Bab5.pdf - Accepted Version
Download (22kB) | Preview
63111030-Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (19kB) | Preview
Abstract
Skripsi. Ini membahas tentang Modernisasi Sistem Pembelajaran Pesantren (Studi Pada Pondok Pesantren Al-Hikmah Pedurungan Semarang), kajiannya dilatar belakangi oleh perubahan dan pengembangan sistem pendidikan pesantren yang semakin lama seamakin terbuka dengan pola dari luar, untuk menjawab tuntutan zaman. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjawab permasalahan: (1) Arti penting modernisasi sistem pembelajaran pesantren di pondok pesantren Al-Hikmah pedurungan Semarang (2) Bagaimana proses modernisasi sistem pembelajaran pesantren di pondok pesantren Al-Hikmah Pedurungan Semarang?
Skripsi ini termasuk jenis penelitian kualitatif lapangan, studi tersebut dilaksanakan di pondok pesantren al-Hikmah Pedurungan Semarang. Selain dari pondok pesantren tersebut juga digunakan studi kepustakaan yang dijadikan sumber data. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. selanjutnya analisis data dalam penelitian ini lebih difokuskan selama proses di lapangan bersamaan dengan pengumpulan data. Analisis data selama di lapangan menggunakan analisis data deskriptif. Aktifitas dalam analisis datanya yaitu: pemaparan data, penyajian data, dan kesimpulan.
Dari hasil penelitian bahwa pelaksanaan Modernisasi Sistem Pembelajaran Pesantren cukup baik, meliputi: (1) Arti penting modernisasi sistem pembelajaran di pondok pesantren al-Hikmah Pedurungan Semarang adalah berusaha untuk menyempurnakan sistem pendidikan Islam yang ada di pesantren al-Hikmah, dengan tujuan agar para santrinya bisa secara cepat beradaptasi dalam setiap bentuk perubahan peradaban dan bisa diterima dengan baik oleh masyarakat, karena mereka memiliki kemampuan yang siap pakai. (2) Proses modernisasi sistem pendidikan pesantren adalah dengan mengembangkan komponen-komponen yang saling menguatkan seperti: cara berpikir yang ilmiah, administrasi, kurikulum, struktur organisasi, sarana prasarana, dan metode pembelajarannya. Dalam pengembangan tersebut pondok pesantren al-Hikmah harus benar-benar selektif dalam menerima dan mengadopsi pola-pola dari luar, Agar tidak kehilangan ciri khas dari pesantren itu sendiri. Dalam penelitian tersebut peneliti menemukan kekurangan dalam kurikulum pendidikannya yakni mengenai penambahan materi pendidikan umum dan pengembangan bidang ketrampilan dan pelatihan untuk menyalurkan dan mengembangkan potensi yang dimiliki santri, Selain itu mengenai metode pengajarannya masih menggunakan metode lama. Sehingga masih perlu menambah dengan metode modern Penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pondok Pesantren |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 20 May 2014 04:45 |
Last Modified: | 20 May 2014 04:45 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2100 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year