Nilai-nilai moral keagamaan dalam kitab terjemah Tarbiyatul Aulad Fil Islam karya Abdullah Nashih Ulwan untuk anak usia dini

Amalia, Ataki Rizki (2023) Nilai-nilai moral keagamaan dalam kitab terjemah Tarbiyatul Aulad Fil Islam karya Abdullah Nashih Ulwan untuk anak usia dini. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1603106027_Ataki Rizki Amalia_Lengkap] Text (Skripsi_1603106027_Ataki Rizki Amalia_Lengkap)
1603106027_Ataki Rizki Amalia_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Nilai-nilai moral keagamaan dalam Buku Tarbiyatul Aulad Fil Islam Karya Abdullah Nasih ULWAN untuk anak usia dini serta metode apa yang perlu digunakan untuk menumbuhkan nilai agama dan moral dalam buku tersebut.
Metode penelitian ini menggunakan kualitatif, dengan sumber primer dalam penelitian ini yaitu buku atau kitab terjemah Tarbiyatul Aulad, sedangkan sumber sekunder data-data yang terkait dengan buku primer. TEknik dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan bahan-bahan serta studi literatur. Setelah itu barulah digunakan metode analisis isi untuk mengetahui serta menyelidiki nilai yang terkandung.
Berdasarkan hasil dari studi ini, didapatkan beberapa nilai moral keagamaan yang ada dalam kitab tersebut, antara lain adalah kejujuran ( Shidiq), dipercaya ( amanah), kosisten ( istiqomah), Istar ( mendahulukan kepentigan orang lain), menolong orang yang kesusahan. Dan metode untuk menumbuhkan moral keagamaan pada anak usia dini adalah dengan Memperhatikan dan mengawasi perilaku yang harus diawasi, antara lain sifat suka berdusta, sifat mencuri, sifat suka mencaci dan mencela, kenakalan dan penyimpangan. Sedangkan metode strategis yang tepat agar memiliki moralitas yang baik adalah dengan mengajarkan anak cara memilah dan memilih tindakan dan beberapa hal lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai moral; Nilai agama; Anak usia dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Sep 2023 07:22
Last Modified: 11 Sep 2023 07:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21021

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics