Pelaksanaan bersenandung sholawat dengan alat rebana untuk merangsang kecerdasan musikal anak pada Kelompok B RA Ma’hadul Ulum Mutih Wetan

Hasyimah, Hasyimah (2023) Pelaksanaan bersenandung sholawat dengan alat rebana untuk merangsang kecerdasan musikal anak pada Kelompok B RA Ma’hadul Ulum Mutih Wetan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1703106029_Hasyimah_Lengkap] Text (Skripsi_1703106029_Hasyimah_Lengkap)
1703106029_Hasyimah_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan anak usia dini berperan penting dalam memberikan rangsangan terhadap tumbuh kembang anak yang mencakup 6 aspek perkembangan yang menjadi tolok ukur kemampuan yang dimiliki anak. Meskipun begitu masing-masing anak memiliki kecerdasan yang berbeda-beda yang termuat pada kecerdasan Majemuk atau Multiple Intelegence. Kecerdasan majemuk terbagi menjadi 9 bagian salah satunya adalah kecerdasan Musikal. Untuk merangsang kecerdasan musikal RA Ma’hadul Ulum berupaya untuk mengajak anak-anak kelompok B untuk menyenandungkan sholawat dengan menggunakan alat rebana guna menarik minat anak terhadap sholawat sebagai wujud dari penanaman rasa cinta kepada Rosulullah Muhammad SAW sejak dini.
Penelitian ini mengambil fokus permasalahan : Bagaimana pelaksanaan bersenandung sholawat dengan alat rebana untuk merangsang kecerdasan musikal anak pada kelompok B RA Ma’hadul Ulum Mutih Wetan.
Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui Bagaimana pelaksanaan bersenandung sholawat dengan alat rebana untuk merangsang kecerdasan musikal anak pada kelompok B RA Ma’hadul Ulum Mutih Wetan.
Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif-deskriptif. Responden penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas kelompok B, dengan subjek anak kelompok B di RA Ma’hadul Ulum Mutih Wetan. Objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan bersenandung sholawat dengan alat rebana untuk merangsang kecerdasan musikal anak pada kelompok B RA Ma’hadul Ulum Mutih Wetan.
Instrument dalam penelitian ini adalah peneliti dengan menggunakan alat bantu pedoman wawancara, pedoman observasi, pedoman dokumentasi,
Hasil analisis data menyimpulkan bahwa kegiatan bersenandung sholawat menggunakan alat rebana dapat merangsang kecerdasan musikal anak kelompok B RA Ma’hadul Ulum Mutih Wetan sesuai dengan indikator perkembangan kecerdasan musikal usia 5-6 tahun didukung dengan pelaksanaan pembelajarannya bersifat kebebasan pada anak dalam memilih memainkan alat rebana manapun atau menyenandungkan sholawat, bakat yang dimiliki, serta guru yang mampu memberikan pembelajaran yang menyesuaikan usianya.
Indikator pengembangan kecerdasan musikal anak kelompok B RA Ma’hadul Ulum secara keseluruhan mampu menyenandungkan sholawat secara bersama-sama, mampu mengikuti gerak tepuk tangan menyelaraskan sholawat, mampu manyenandungkan sholawat diiringi alat musik rebana, serta anak mampu memainkan alat musik rebana dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bersenandung sholawat; Alat rebana; Kecerdasan musikal
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 13 Sep 2023 07:09
Last Modified: 13 Sep 2023 07:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21048

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics