Politik pemberdayaan masyarakat desa studi pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan shrimp estate : kawasan budidaya perikanan terintegrasi di Desa Tegalretno, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen

Sholikhah, Sholikhah (2023) Politik pemberdayaan masyarakat desa studi pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan shrimp estate : kawasan budidaya perikanan terintegrasi di Desa Tegalretno, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1906016094_Sholikhah] Text (Skripsi_1906016094_Sholikhah)
1906016094_SHOLIKHAH_FULL SKRIPSI - Sholikhah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pemberdayaan masyarakat kerapkali dikaji secara sosiologis dan didefinisikan dengan sudut pandang yang berbeda. Definisi pemberdayaan yakni usaha perjuangan masyarakat untuk menuju kemandirian dengan mengembangkan skill, pengetahuan, dan sebagainya. Penelitian ini berbeda karena mengkaji pemberdayaan dalam ranah politik dengan temuan unik yakni pembangunan shrimp estate di Desa Tegalretno sebagai pemberdayaan masyarakat yang menjadi polemik karena lahan yang digunakan untuk pembangunan adalah lahan pemerintah namun menjadi lahan hak guna pakai masyarakat Desa Tegalretno sehingga mereka khawatir kehilangan mata pencaharian. Selain itu, masih rendahnya pelatihan dan pendampingan untuk masyarakat sekitar sehingga mereka khawatir bahwa tenaga lokal yang digunakan bukan dari warga desa tersebut. Oleh sebab itu, penelitian ini menjawab masalah yakni pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan kawasan shrimp estate dan kontestasi politik para stakeholder pada proses pemberdayaan masyarakat.
Penelitian ini menggunakan teori pemberdayaan masyarakat menurut Mansour Fakih dan teori Critical Discourse Analysis (CDA) dari Norman Fairclough. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif berbasis penelitian lapangan dengan pendekatan studi kasus. Data yang diperoleh dalam penelitian yakni data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan masyarakat; shrimp estate; kontestasi politik
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 323 Civil and political rights
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 13 Sep 2023 07:41
Last Modified: 13 Sep 2023 07:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21052

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics