Rekrutmen politik anggota legislatif perempuan : asudi Partai Demokrat di Kabupaten Kuningan Periode 2019-2024

Nurhayati, Nurul Fitri (2023) Rekrutmen politik anggota legislatif perempuan : asudi Partai Demokrat di Kabupaten Kuningan Periode 2019-2024. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1906016129_Nurul_Fitri_Nurhayati] Text (Skripsi_1906016129_Nurul_Fitri_Nurhayati)
1906016129_Nurul Fitri Nurhayati_Lengkap Tugas Akhir - Nurul Fitri Nurhayati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Eksistensi perempuan dalam pemilihan umum telah dijamin oleh konstitusi yang menyatakan keterwakilan perempuan di parlemen harus memenuhi kuota affirmative minimal 30%, yang di mana perempuan dapat berpartisipasi dalam dinamika politik. Fungsi partai politik salah satunya yakni sebagai sarana rekrutmen politik, dimana partai mencari anggota baru dan mengajak orang yang mempunyai bakat untuk ikut serta berpartisipasi didalam proses politik. Dalam proses politik dibutuhkan anggota-anggota yang mempunyai potensi untuk melestarikan citra partai ataupun kelanjutan partai politik sendiri. Keberhasilan DPC Partai Demokrat Kabupaten Kuningan dalam merepresentasikan dan merekrut kader perempuan untuk ikut serta terjun dalam politik menarik untuk dikaji.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Partai Demokrat dalam merepresentasikan perempuan di dalam struktur partai dan bagaimana pola rekrutmen partai demokrat dalam memenuhi kuota 30% keterwakilan perempuan di Kabupaten Kuningan periode 2019-2024. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, metode ini digunakan untuk menyajikan data deskriptif. sedangkan jenis pendekatan yang digunakan yakni studi lapangan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggambarkan fenomena dari data yang diperoleh di lapangan dan dikaitkan dengan teori rekrutmen politik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa representasi keterwakilan perempuan yang dilaksanakan oleh Partai Demokrat sudah memenuhi kuota affirmative action Hal ini bisa dilihat dari keikutsertaan kader perempuan yang diberikan kesempatan dan kepercayaan untuk mengisi jabatan yang ada dalam kepengurusan didalam Partai Demokrat seperti menjadi wakil ketua II DPC Partai Demokrat, Wakil sekretaris 1-4 DPC Partai Demokrat, Sekretaris Fraksi Partai Demokrat, dan lain sebagainya. Pola rekrutmen yang digunakan Partai Demokrat ialah pola rekrutmen terbuka. Partai demokrat membuka peluang sebesar-besarnya bagi calon-calon yang mendaftar pada pemilihan baik laki-laki ataupun perempuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Rekrutmen politik; representasi perempuan; Partai Demokrat, calon legislatif
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 324 The political process
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:36
Last Modified: 14 Sep 2023 03:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21057

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics