Pelaksanaan pembelajaran sempoa dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di RA Imama Kedung Pane Kecamatan Mijen Kota Semarang

Putri, Agis Monica (2023) Pelaksanaan pembelajaran sempoa dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di RA Imama Kedung Pane Kecamatan Mijen Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1903106042_Agis Monica Putri_Lengkap] Text (Skripsi_1903106042_Agis Monica Putri_Lengkap)
1903106042_Agis Monica Putri_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pelaksanaan Pembelajaran sempoa untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di RA Imama Kedung Pane Kecamatan Mijen Kota Semarang. Meliputi kemaampuan berhitung anak usia 5-6 tahun, pelaksanaan pembelajaran sempoa, serta faktor-faktor yang mempengaruhi mendukung dan menghambatnya pelaksanaan sempoa. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan sebagai berikut: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran sempoa dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di RA Imama? (2) Bagaimana kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di RA Imama? (3) faktor apa saja yang dapat menunjang dan menghambat pelaksanaan pembelajaran sempoa?
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dimana penulis membuat deskripsi secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fenomena atau fakta-fakta yang telah diteliti. Penelitian ini hanya berfokus pada Kelas B1 RA Imama Kedung Pane Kecamatan Mijen Kota Semarang. Tekhnik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Proses Pelaksanaan Pembelajaran Sempoa di RA Imama yang dapat diterapkan dengan baik, Tahapan- tahapan pembelajaran yang digunakan atau di lakukan pada pembelajaran sempoa sudah sesuai dengan Standart Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak. hal ini terbukti ketika peneliti melakukan penelitian dengan mengamati secara seksama guru sempoa dan cara mengajar sempoa dengan baik, dengan menggunakan tekhnik wawancara, observasi dan dokumentasi. (2) Hasil Kemampuan Berhitung anak sebelum dan sesudah mengenal pembelajaran sempoa dengan tekhnik menghitung menggunakan alat sempoa menunjukkan bahwa kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun mengalami peningkatan rata-rata 10.64% haal ini mencerminkan bahwa kemampuan perkembangan anak berkembang sangat baik (BSB) rata-rata sehingga, anak dengan kemampuan berhitung menjadi kan mereka lebih cepat dan akurat dan tentunya juga sangat menarik bagi anak usia 5-6 tahun (3) Faktor yang mampu menunjang pada pembelajaran sempoa ini ruang kelas yang nyaman, jumlah anak yang cukup untuk mengikuti pembelajaran sempoa, serta guru sempoa yang terampil dan ahli dibidang nya yang mampu mengkondisikan anak, Sedangkan Faktor penghambat pada pembelajaran sempoa yaitu terkait dengan waktu pelaksanaan yang dianggap sangat kurang begitu banyak dikarenakan hanya dilaksanakan 1 jam untuk satu minggu saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran sempoa; Kemampuan berhitung; Anak usia dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 16 Sep 2023 03:44
Last Modified: 16 Sep 2023 03:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21069

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics