Pengenalan kegiatan ekstrakurikuler drumband dalam meningkatkan kecerdasan musikal pada anak usia 5-6 tahun di TK IT Mona School Podorejo

Hanim, Fikriya (2023) Pengenalan kegiatan ekstrakurikuler drumband dalam meningkatkan kecerdasan musikal pada anak usia 5-6 tahun di TK IT Mona School Podorejo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1903106044_Fikriya Hanim_Lengkap] Text (Skripsi_1903106044_Fikriya Hanim_Lengkap)
Skripsi_1903106044_Fikriya Hanim_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pengenalan kegiatan ekstrakurikuler drumband di TK IT Mona School merupakan tahapan proses pengenalan kegiatan drumband yang diterapkan kepada anak usia 5-6 tahun di kelas Kindy B1. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan proses kegiatan drumband di TK dengan di jenjang Pendidikan lainnya. Hal ini dikarenakan perbedaan usia dan tahapan perkembangan otak maupun kecerdasan pada anak usia dini, sehingga kegiatan ekstrakurikuler drumband di TK IT Mona School dapat optimal dalam meningkatkan kecerdasan musikal karena sesuai dengan tahapan usia dan kecerdasan pada mereka.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif lapangan. Penelitian ini difokuskan pada anak usia 5-6 tahun di kelas Kindy B1 di TK IT Mona School Podorejo. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi non partisipan, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi atau gabungan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pengenalan Kegiatan Ekstrakurikuler Drumband dalam Meningkatkan Kecerdasan Musikal pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Mona School Podorejo, khususnya di kelas Kindy B1 dapat dikatakan berhasil untuk meningkatkan kecerdasan musikal pada anak. Pengenalan kegiatan ekstrakurikuler drumband di Kindy B1, dimulai dengan tahapan mengucapkan nada atau irama lagu yang dimainkan dengan hitungan, agar apa yang diucapkan anak dengan yang dipukul memiliki kesamaan terlebih dahulu. Tahapan selanjutnya adalah ketukan di paha atau memukul paha dan tetap diiringi dengan hitungan mulut. Setelah anak hafal dengan irama hitungannya, anak belajar memukul menggunakan stik drum. Akan tetapi masih dengan pukulan di lantai. Apabila anak sudah lancar dengan tahapan-tahapan tersebut, barulah pelatih akan memperkenalkan siswa dan berlatih menggunakan stik dan drumband secara langsung.
Hasil penelitian yang lain adalah bahwa persentase kecerdasan musikal anak usia 5-6 tahun khususnya kelas Kindy B1 dalam kegiatan ekstrakurikuler drumband yaitu anak yang belum berkembang (BB) sebanyak 5,9%, mulai berkembang (MB) sebanyak 23,6%, berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 29,4%, dan berkembang sangat baik (BSB) sebanyak 41,1%. Hal ini dapat kita simpulkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler drumband di TK IT Mona School terutama di Kindy B1, dapat meningkatkan kecerdasan musikal pada anak dengan persentase paling banyak sebesar 41,1% anak dapat berkembang sangat baik (BSB).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kegiatan ekstrakurikuler; Drumband; Kecerdasan musikal; Pendidikan; Anak usia dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 16 Sep 2023 04:05
Last Modified: 16 Sep 2023 04:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21071

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics