Upaya pengembangan nilai agama dan moral anak usia 4-5 tahun melalui pembiasaan membaca Al-Qur’an dengan metode Iqro’ di TK IT Mona School Palir Podorejo Semarang

Nisak, Khoirin (2023) Upaya pengembangan nilai agama dan moral anak usia 4-5 tahun melalui pembiasaan membaca Al-Qur’an dengan metode Iqro’ di TK IT Mona School Palir Podorejo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1903106045_Khoirin Nisak_Lengkap] Text (Skripsi_1903106045_Khoirin Nisak_Lengkap)
1903106045_Khoirin Nisak_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang upaya Pengembangan Nilai Agama dan Moral anak usia 4-5 tahun melalui pembiasaan membaca Al-Qur’an dengan metode iqro’ di TK IT Mona School Palir Podorejo Semarang yang meliputi kegiataan pembiasaan membaca Al-Qur’an dengan metode iqro’ untuk mengembangkan agama dan moral pada anak usia 4-5 tahun dan juga mengenai factor pendukung dan factor penghambat dalam proses upaya Pengembangan Nilai Agama dan Moral anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan pembiasaan membaca Al-Qur’an dengan metode iqro’. Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya perhatian orang tua terhadap perkembangan agama dan moral pada anak dan adanya masalah perkembangan agama dan moral anak usia 4-5 tahun di TK IT Mona School Palir Podorejo Semarang yang belum berkembang secara maksimal. Pada penelitian ini, peneliti focus pada aspek perkembangan agama dan moral anak, kegiatan pembiasaan, membaca Al-Qur’an dengan metode iqro’ yang ada di TK IT Mona School Palir Podorejo Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia 4-5 Tahun yang dilakukan Melalui Pembiasaan Membaca Al-Qur’an dengan Metode Iqro’ di TK IT Mona School Palir Podorejo Semarang.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakann adalah observasi, wawancara serta dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) Upaya Pengembangan Nilai Agama dan Moral anak usia 4-5 tahun melalui pembiasaan membaca Al-Qur’an dengan metode iqro’ di TK IT Mona School Palir Podorejo Semarang sudah berhasil dan terbukti bahwa melalui pembiasaan membaca Al-Qur’an dengan metode iqro’ dapat mengembagkan aspek agama dan moral pada anak usia 4-5 tahun. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil observasi berupa penilaian terhadap anak setelah mengikuti pembiasaan membaca Al-Qur’an dengan metode iqro’ setiap harinya yang telah dituangkan didalam tabel dengan hasil bahwa tidak ditemukan anak yang belum berkembang (BB) 0%, dan ditemukan anak yang memiliki perkembangan agama dan moral muli berkembang (MB) 25%, anak yang perkembangan agama dan moralnya berkembang sesuai harapan (BSH) 42%, dan anak yang memiliki perkembangan agama dan moral yang berkembang sangat baik (BSB) 33%. (2) Faktor pendukung dan factor penghambat upaya Pengembangan Nilai Agama dan Moral anak usia 4-5 tahun melalui pembiasaan membaca Al-Qur’an dengan metode iqro’ di TK IT Mona School Palir Podorejo Semarang antara lain factor pendukungnya adalah tersedianya sarana dan prasarana sekolah yang memadahi, manajemen pengelolaan program kegiatan sekolah yang baik, adanya dukungan beberapa pihak seperti pihak sekolah dan pihak Yayasan, dan kerja sama antara pendidik dengan orang tua peserta didik. Factor penghambat dalam upaya Pengembangan Nilai Agama dan Moral anak usia 4-5 tahun melalui pembiasaan membaca Al-Qur’an dengan metode iqro’ adalah adanya beberapa anak yang hiperaktif, dan kurangnya dukungan dari orang tua peeserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Agama; Moral anak; Pembiasaan; Al-Qur’an; Metode Iqro’
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 16 Sep 2023 04:14
Last Modified: 16 Sep 2023 04:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21073

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics