Implementasi kegiatan ekstrakurikuler bilingual bahasa Bahasa Inggris dalam mengembangkan kecerdasan linguistik anak usia 4-5 tahun di TK Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang

Lani, Novi Ana Mei (2023) Implementasi kegiatan ekstrakurikuler bilingual bahasa Bahasa Inggris dalam mengembangkan kecerdasan linguistik anak usia 4-5 tahun di TK Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1903106056_Novi Ana Mei Lani_Lengkap] Text (Skripsi_1903106056_Novi Ana Mei Lani_Lengkap)
1903106056_Novi Ana Mei Lani_Skripsi Full_pdf - 056_Novi Ana Mei Lani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Di era globalisasi, dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi merupakan suatu syarat yang paling utama dalam kelangsungan hidup bangsa, karena di era globalisasi tersebut memiliki ciri dalam persaingan yang bebas, dan saling ketergantungan antar bangsa, serta meningkatnya arus informasi dalam berbahasa dan berbudaya. Untuk menguasai interaksi dan komunikasi pada lintas bahasa dan budaya, maka dari itu penerapan dalam bahasa asing (khususnya bahasa inggris) menjadi suatu kebutuhan yang utama, dan penting untuk dilakukan. Dengan latar belakang tersebut, maka peneliti tertarik untuk membahas tentang implementasi kegiatan ekstrakurikuler bilingual bahasa inggris di TK Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh suatu gambaran mengenai penerapan dari kegiatan ekstrakurikuler bilingual bahasa inggris dalam mengembangkan kecerdasan linguistik anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan (1) Bagaimana implementasi kegiatan ekstrakurikuler bilingual bahasa inggris dalam mengembangkan kecerdasan linguistik dalam anak usia 4-5 tahun di TK Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang, (2) Bagaimana apa saja metode pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan ekstrakurikuler bilingual bahasa inggris dalam mengembangkan kecerdasan linguistik anak usia 4-5 tahun di TK Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang. Permasalahan tersebut dibahas menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan fokus studi kasus, dimana peneliti membuat deskripsi secara faktual, akurat, dan sistematis, serta menganalisis suatu kasus terkait dengan peristiwa yang sedang diteliti. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru ekstrakurikuler. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Dari sebelum observasi, penerapan ekstrakurikuler bilingual ini masih dibilang belum baik, dan dampaknya belum dapat mengembangkan kecerdasan linguistik anak. Sesudah observasi, hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan kegiatan ekstrakurikuler bilingual bahasa inggris dapat mengembangkan kecerdasan linguistiknya dengan persentase 45,5% yang termasuk dalam kategori Berkembang Sangat Baik. Kemudian, tersedianya sarana prasarana yang memadai, khususnya buku panduan berbahasa inggris yang sudah disediakan sekolah untuk menunjang ketercapaian dalam kegiatan ini, serta penggunaan metode total physical respon dan metode bernyanyi yang dirasa sudah sesuai dan tepat digunakan untuk anak usia 4-5 tahun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kegiatan ekstrakurikule;, Bilingual Bahasa Inggris; Kecerdasan linguistik; Anak usia dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 16 Sep 2023 06:29
Last Modified: 16 Sep 2023 06:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21077

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics