Kegiatan fun cooking dalam mengembangkan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Kaliwenang Grobogan

Husna, Ana Nafidzatul (2023) Kegiatan fun cooking dalam mengembangkan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Kaliwenang Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1903106072_Ana Nafidzatul Husna_Lengkap] Text (Skripsi_1903106072_Ana Nafidzatul Husna_Lengkap)
1903106072_Ana Nafidzatul Husna_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat penerapan kegiatan fun cooking dalam mengembangkan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Kaliwenang apakah sudah berjalan dengan maksimal.
Metode penelitian ini menggunakan kualitatif, dengan subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelompok B1, sedangkan objek penelitian ini adalah kegiatan fun cooking dalam mengembangkan sosial emosional anak usia dini di TK Dharma Wanita Kaliwenang. Informasi dalam penelitian ini juga diperoleh dari Kepala Sekolah dan guru kelas, Instrumen dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian tentang kegiatan fun cooking dalam mengembangkan sosial emosional anak usia 5-6 tahun kelompok B1 di TK Dharma Wanita Kaliwenang, sudah mulai berkembang dengan baik. Kegiatan fun cooking di TK Dharma Wanita Kaliwenang dilakukan satu bulan sekali. Alat dan bahan sudah disiapkan oleh guru, serta tahapan-tahapan dalam melakukan kegiatan fun cooking sudah diterapkan dengan baik. Dari data hasil instrumen penilaian pencapaian perkembangan anak menyatakan bahwa indikator pertama terdapat 10 anak yang mendapat tingkat capaian berkembang sesuai harapan (BSH) dan empat anak mendapat tingkat capaian mulai berkembang (MB). Indikator kedua terdapat satu anak mendapat tingkat capaian berkembang sangat baik (BSB), sembilan anak mulai berkembang sesuai harapan (BSH), dan empat anak mulai berkembang (MB). Indikator ketiga terdapat tiga anak berkembang sangat baik (BSB), tujuh anak berkembang sesuai harapan (BSH), dan empat anak mulai berkembang (MB). Serta indikator keempat terdapat lima anak yang mendapatkan tingkat capaian berkembang sangat baik (BSB), delapan anak berkembang sesuai harapan (BSH), dan satu anak mulai berkembang (MB). Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa perkembangan sosial emosional anak usia dini kelompok B1 sudah tercapai sesuai dengan standar tingkat pencapaian perkembangan anak, walaupun hasilnya belum sempurna dan terdapat beberapa kekurangan, namun hasil pencapaian perkembangan anak menunjukkan hasil yang positif. Hal ini tentunya tidak lepas dari peran guru dalam mendidik khususnya peserta didik yang berada di TK Dharma Wanita Kaliwenang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Fun cooking; Sosial emosional; Anak usia dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 16 Sep 2023 07:04
Last Modified: 16 Sep 2023 07:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21079

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics