Peningkatan hasil belajar materi taat dan sabar melalui penerapan model pembelajaran team assisted individualization pada siswa kelas VII A SMP Nudia Semarang
Ashadi, Ashadi (2011) Peningkatan hasil belajar materi taat dan sabar melalui penerapan model pembelajaran team assisted individualization pada siswa kelas VII A SMP Nudia Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63111053-Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (595kB) | Preview
63111053-Bab1.pdf - Accepted Version
Download (36kB) | Preview
63111053-Bab2.pdf - Accepted Version
Download (117kB) | Preview
63111053-Bab3.pdf - Accepted Version
Download (37kB) | Preview
63111053-Bab4.pdf - Accepted Version
Download (108kB) | Preview
63111053-Bab5.pdf - Accepted Version
Download (11kB) | Preview
63111053-Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (11kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang peningkatan hasil belajar siswa klas VII A. Kajianya dilatarbelakangi oleh terjadinya proses belajar mengajar yang monoton dan pasif,metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran PAI yang belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah artinya siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Hal itu dapat dilihat dari kesiapan dan keaktifan siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Hal itu juga tampak adanya hasil belajar yang belum optimal; artinya, belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Objek penelitian ini adalah di SMP Nudia Semarang dengan populasi 312 dan dilaksanakan pada kelas VII A yang berjumlah 38 siswa. Studi ini dimaksud untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) pada Pendidikan Agama Islam (PAI) aspek Aqidah Akhlak di kelas VII A SMP Nudia Semarang, (2) Apakah dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar PAI aspek Aqidah Akhlak di kelas VII A SMP Nudia Semarang?
Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada siswa kelas VII A SMP Nudia Semarang. Dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization yaitu: menciptakan suasana pembelajaran aktif maka suasana kelas menjadi hidup, siswa menjadi aktif dan hasil belajar maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 tahap yaitu tahap pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap pra siklus, keaktifan siswa sebesar 44,07% dan rata-rata tes akhir 63,69 dengan ketuntasan belajar 55,27%. Pada tahap siklus I setelah dilakukan tindakan keaktifan siswa meningkat menjadi 57,24%. Dan rata-rata tes akhir 67,90 dengan ketuntasan belajar 76,32%. Sedangkan pada siklus II setelah dilakukan tindakan keaktifan siswa mengalami peningkatan yaitu 91,45 %. Dan nilai rata-rata akhir 70,79 dengan ketuntasan belajar 97,37 . Dari 3 tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkannya metode pembelajaran Team Assisted Individualization dengan sebelumnya.
Setelah dilaksanakan tindakan melalui. Hasil penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan metode Team Assisted Individualization. Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada semua pihak (siswa, guru dan orang tua) untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Team Assisted Individualization |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 20 May 2014 07:12 |
Last Modified: | 20 May 2014 07:12 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2109 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year