Penerapan metode peer tutoring (tutor sebaya) dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI aspek al-Qur’an materi ilmu tajwid kelas XI IA SMA unggulan Nurul Islami Mijen Semarang

Muttaqin, Ilham (2011) Penerapan metode peer tutoring (tutor sebaya) dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI aspek al-Qur’an materi ilmu tajwid kelas XI IA SMA unggulan Nurul Islami Mijen Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 063111055-coverdll.pdf]
Preview
Text
063111055-coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 063111055-Bab1.pdf]
Preview
Text
063111055-Bab1.pdf - Accepted Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 063111055-Bab2.pdf]
Preview
Text
063111055-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of 063111055-Bab3.pdf]
Preview
Text
063111055-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 063111055-Bab4.pdf]
Preview
Text
063111055-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 063111055-Bab5.pdf]
Preview
Text
063111055-Bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 063111055-Bibliografi.pdf]
Preview
Text
063111055-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (19kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan Metode Peer Tutoring (Tutor Sebaya) dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas XI IA SMA Unggulan Nurul Islami Mijen Semarang pada Mata Pelajaran PAI Aspek Al-Qur’an Materi Ilmu Tajwid. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IA SMA Unggulan Nurul Islami Mijen Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan jumlah 16 siswa, yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Dari hasil penelitian yang dimulai dari pra siklus dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional (ceramah) diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 37,50%, dan aktifitas siswa hanya sebesar 44,22%. Pada proses pembelajaran siklus I, dengan menerapkan metode Peer Tutoring (Tutor Sebaya) dalam pembelajaran PAI materi pokok Ilmu Tajwid, diperoleh peningkatan dari siswa. Ini dapat dilihat dari ketuntasan klasikal sebesar 62,50%, dan aktifitas siswa mencapai sebesar 65,15%. Pada proses pembelajaran siklus II, dan telah diadakan perbaikan berdasarkan hasil dari penilaian siklus I, proses pembelajaran PAI materi pokok Ilmu Tajwid dengan metode Peer Tutoring (Tutor Sebaya), sudah bisa dikatakan berhasil. Ini terbukti dari hasil penilaian siklus II yang sudah mencapai ketuntasan klasikal sebesar 87,50%, dan aktifitas siswa sudah mencapai sebesar 77,66%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Peer Tutoring (Tutor Sebaya) dapat meningkatkan keaktifan siswa untuk belajar bersama dan meningkatkan hasil belajar. Dengan demikian peneliti menyarankan agar penerapan metode Peer Tutoring (Tutor Sebaya) dapat digunakan sebagai alternatif metode pembelajaran dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa, kerjasama, dan keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Tutor Sebaya; Hasil Belajar; Ilmu Tajwid
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 22 May 2014 05:46
Last Modified: 22 May 2014 05:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2111

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics