Konsep guru yang ikhlas menurut Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya’ Ulumiddin dalam bidang pendidikan agama Islam (tinjauan yuridis formal)

Fathiyana, Lisa (2011) Konsep guru yang ikhlas menurut Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya’ Ulumiddin dalam bidang pendidikan agama Islam (tinjauan yuridis formal). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 63111056-Coverdll.pdf]
Preview
Text
63111056-Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (814kB) | Preview
[thumbnail of 63111056-Bab1.pdf]
Preview
Text
63111056-Bab1.pdf - Accepted Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 63111056-Bab2.pdf]
Preview
Text
63111056-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 63111056-Bab3.pdf]
Preview
Text
63111056-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 63111056-Bab4.pdf]
Preview
Text
63111056-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 63111056-Bab5.pdf]
Preview
Text
63111056-Bab5.pdf - Accepted Version

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of 63111056-Bibliografi.pdf]
Preview
Text
63111056-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Konsep Guru Yang Ikhlas menurut Imam Al-Ghazali dalam Kitab Ihya’ Ulumiddin.
Penelitian ini merupakan studi kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif, dari keseluruhan data yang terkumpul kemudian dianalisis yang bersifat kualitatif dengan menggunakan metode berikut, yaitu Metode Interpretasi dan Content Analysis. Dengan menggunakan metode Interpretasi ini peneliti akan menganalisis Kitab Ihya’ Ulumiddin untuk mengungkapkan makna yang terkandung didalamnya. Kemudian dengan metode Content Analysis peneliti akan mengungkapkan isi pemikiran Imam Al-Ghazali dalam Kitab Ihya’ Ulumiddin tentang konsep guru yang ikhlas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Dalam Kitab Ihya’ Ulumiddin mencakup berbagai pengetahuan yang luas, yang merupakan perpaduan antara ilmu fiqh dan ilmu tasawuf. Dalam kitab ini terdapat materi pembahasan tentang guru yang terdapat pada bahagian peribadatan dalam bab ilmu, dan pembahasan tentang ikhlas ada pada bahagian perbuatan yang menyelamatkan dalam bab niat, benar dan ikhlas. Adapun konsep guru yang ikhlas menurut Al-Ghazali adalah seorang guru yang senantiasa membersihkan hati dan memurnikan segala tujuan amal ibadahnya semata-mata hanya karena Allah SWT, yaitu untuk mendapatkan ridha-Nya dan menjadikan ilmunya manfaat, bukan karena mencari harta, kedudukan dan pangkat. Ia menyatakan bahwa tujuan dari menuntut ilmu adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah. Ilmu tersebut akan sia-sia, kecuali apabila ilmu itu diamalkan. Sementara amal akan ditolak kecuali dengan ikhlas.
Menurut Al-Ghazali, orang yang berprofesi sebagai guru sangat mulia, baik dihadapan Allah maupun dihadapan para makhluk-Nya. Oleh karena itu, maka guru hendaknya ikhlas dalam mengamalkan ilmunya semata-mata untuk Allah SWT. Guru juga harus memenuhi berbagai persyaratan, seperti penguasaan ilmu, kepribadian dan akhlak yang mulia serta menyayangi muridnya dengan sepenuh hati. Pemikiran Al-Ghazali berkaitan dengan guru yang ikhlas, dapat diterapkan pada masa sekarang ini, terutama sebagai bahan refleksi dan peringatan bagi para guru. Karena pada masa sekarang ini, banyak guru yang lupa akan kewajibannya, namun sangat keras dalam menuntut haknya. Namun demikian, Al-Ghazali tidak melarang adanya upah atau gaji atas pengajaran tersebut. Hal itu demi kesejahteraan hidup guru dan demi kelancaran proses belajar mengajar.
Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Guru; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 22 May 2014 07:31
Last Modified: 22 May 2014 07:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2112

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics