Strategi pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan kompetensi guru di madrasah tsanawiyah (MTs) Al Miftah Sindangjaya Brebes

Mujayanah, Ninda (2022) Strategi pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan kompetensi guru di madrasah tsanawiyah (MTs) Al Miftah Sindangjaya Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803036054_Ninda_Mujayanah] Text (Skripsi_1803036054_Ninda_Mujayanah)
Skripsi_1803036054_Ninda_Mujayanah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada strategi pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional guru di MTs Al Miftah Sindangjaya Brebes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan analisis data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) strategi pengembangan SDM dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional guru di MTs Al Miftah Sindangjaya Brebes menggunakan strategi pengembangan internal dan strategi pengembangan eksternal dengan program pengembangan berbentuk diklat dan non diklat. Bentuk kegiatan diklat dan non diklat dalam strategi pengembangan SDM dalam meningkatkan kompetensi pedagogik yaitu seminar dan MGMP. Sedangkan kegiatan diklat dalam strategi pengembangan SDM dalam meningkatkan kompetensi profesional diantaranya pendidikan lanjut, MGMP mandiri, dan kursus. (2) faktor pendukung strategi pengembangan SDM dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional guru terdiri dari faktor internal yaitu antusiasme guru yang tinggi dan jumlah siswa yang meningkat, dan faktor eksternal yaitu adanya kepercayaan dari masyarakat kepada MTs Al Miftah. Kemudian Faktor penghambat strategi pengembangan SDM dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional guru terdiri dari faktor internal yaitu keterbatasan sarana dan prasarana dan keterbatasan biaya. Dan Faktor eksternal yaitu waktu pelaksanaan dan jarak antara sekolah dengan tempat pengembangan yang jauh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan SDM; Kompetensi Guru; Madrasah tsanawiyah (MTs)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 21 Sep 2023 09:21
Last Modified: 21 Sep 2023 09:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21132

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics