Manajemen ketatausahaan dalam upaya peningkatan mutu pelayanan administrasi di MIS Unggulan Masjid Besar Jabalul Khoir Purwodadi

Khoiriyyah, Irna Latifatul (2022) Manajemen ketatausahaan dalam upaya peningkatan mutu pelayanan administrasi di MIS Unggulan Masjid Besar Jabalul Khoir Purwodadi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803036082_Irna_Latifatul_Khoiriyyah] Text (Skripsi_1803036082_Irna_Latifatul_Khoiriyyah)
Skripsi_1803036082_Irna_Latifatul_Khoiriyyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Keberadaan tata usaha sekolah sangat mempengaruhi proses penyelenggaraan kegiatan di sekolah dan merupakan kunci keberhasilan organisasi sekolah. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1) bagaimana perencanaan ketatausahaan dalam upaya peningkatan mutu pelayanan administrasi? 2) bagaimana pelaksanaan ketatausahaan dalam upaya peningkatan mutu pelayanan administrasi? 3) bagaimana evaluasi ketatausahaan dalam upaya peningkatan mutu pelayanan administrasi?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil temuan mengenai manajemen ketatausahaan dalam upaya peningkatan mutu pelayanan administrasi di MIS Unggulan Masjid Besar Jabalul Khoir Purwodadi menunjukkan bahwa: 1) perencanaan ketatausahaan di MIS Unggulan Masjid Besar Jabalul Khoir Purwodadi dilakukan dengan mengadakan rapat bersama. 2) pelaksanaan ketatausahaan memiliki struktur bagian tata usaha berjumlah tiga orang dengan rincian, kepala tata usaha yang merangkap sebagai pemegang keuangan madrasah, bagian keuangan dana BOS dan bagian operator madrasah. 3) evaluasi ketatausahaan dilakukan dengan pembinaan kerja yang dilaksanakan selama satu bulan sekali Pembinaan kerja diberikan oleh pengawas madrasah, kepala madrasah dan kepala tata usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Ketatausahaan; Mutu Pelayanan; Administrasi Pendidikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 651 Office services
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 21 Sep 2023 10:16
Last Modified: 21 Sep 2023 10:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21137

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics