Konsep pendidikan karakter Islami (telaah kritis atas pemikiran Najib Sulhan)

Khanafi, Mohammad Yusuf (2011) Konsep pendidikan karakter Islami (telaah kritis atas pemikiran Najib Sulhan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 63111059-Coverdll.pdf]
Preview
Text
63111059-Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (652kB) | Preview
[thumbnail of 63111059-Bab1.pdf]
Preview
Text
63111059-Bab1.pdf - Accepted Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 63111059-Bab2.pdf]
Preview
Text
63111059-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 63111059-Bab3.pdf]
Preview
Text
63111059-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 63111059-Bab4.pdf]
Preview
Text
63111059-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 63111059-Bab5.pdf]
Preview
Text
63111059-Bab5.pdf - Accepted Version

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of 63111059-Bibliografi.pdf]
Preview
Text
63111059-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang mulai ramai dibicarakan orang. Pendidikan karakter menawarkan solusi atas berbagai permasalahan anak bangsa, khususnya dalam degradasi moral. Sekarang ini banyak sekolah yang menerapkan pendidikan karakter dikarenakan melihat realitas sosial saat ini. Oleh karena itu penulis merasa tertarik untuk mengkaji Konsep Pendidikan Karakter Islami menurut Najib Sulhan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Konsep Pendidikan Karakter Islami menurut Najib Sulhan. (2) Implementasi pemikiran Najib Sulhan atas Pendidikan Karakter Islami dalam konteks pendidikan formal. Penelitian ini bersifat kualitatif, menggunakan pendekatan studi tokoh dengan teknik content analysis yang merupakan analisis ilmiah tentang isi pesan suatu komunikasi untuk memecahkan atau mencari solusi suatu permasalahan. Data penelitian yang terkumpul di analisis dengan menggunakan pendekatan deduktif dan induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan karakter islami menurut Najib Sulhan merupakan konsep pendidikan yang bersandarkan pada tiga pilar, yaitu: (1) Manusia lahir dalam keadaan fitrah, (2) Setiap anak itu cerdas dan (3) Kebermaknaan pembelajaran. Sehingga dengan bersandar pada tiga pilar itu proses pendidikan karakter akan berjalan dengan efektif dan efisien, serta tujuan pembentukan karakter itu sendiri akan tercapai dengan baik.
Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter Islami
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 22 May 2014 07:50
Last Modified: 22 May 2014 07:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2114

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics