Pengembangan potensi desa wisata dalam meningkatkan lapangan kerja masyarakat menurut pandangan ekonomi islam : studi pada wisata Bukit Tronggolasi Desa Kambangan Kecamatan Blado Kabupaten Batang

Khafid, Muhammad Nur (2023) Pengembangan potensi desa wisata dalam meningkatkan lapangan kerja masyarakat menurut pandangan ekonomi islam : studi pada wisata Bukit Tronggolasi Desa Kambangan Kecamatan Blado Kabupaten Batang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1605026144_Muhammad Nur Khafid] Text (Skripsi_1605026144_Muhammad Nur Khafid)
1605026144_Muhammad Nur Khafid_Full Skripsi - MUHAMMAD NUR KHAFID KHAFID.docx - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Desa kambangan merupakan salah satu wilayah di kabupaten Batang yang masyarakatnya mampu memahami keadan geografis, sehingga mampu menjadi sebuah desa wisata. Desa kambangan menawarkan wisata alam yang didalamnya terdapat berbagai destinasi wisata yang cukup indah. Sehingga dapat mendukung perekonomian masyarakat untuk mendapatkan lapangan kerja dari adanya wisata Bukit Tronggolasi yang berada di desa tersebut. Dengan tujuan untuk mengetahui potensi desa wisata dalam meningkatkan lapangan kerja masyarakat dan pandangan ekonomi islam terhadap pengembangan wisata tronggolasi dalam meningkatkan lapangan kerja masyarakat.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan flied search yaitu penelitian yang berhubungan langsung dengan lapangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Adapun sumber data primer dan skunder data primer diperoleh dari wawancara dan observasi. Sedangkan data skunder diperoleh dari jurnal, skripsi, atau situs pemerintah.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Wisata Bukit Tronggolasi Desa Kambangan Kecamatan Blado Kabupaten Batang dapat membuka usaha perdagangan di kawasan wisata dilakukan oleh masyarakat sekitar sebagai bentuk dampak dari adanya obyek wisata yang saat ini mulai dikenal dan dikunjungi oleh banyak wisatawan yang berasal dari berbagai daerah. Selain menjadi sumber bendapatan, adanya obyek wisata Bukit Tronggolasi ini juga membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat di Desa Kambangan. Banyak masyarakat yang awalnya belum memiliki pekerjaan tetap, kini seiring dengan berkembangnya obyek wisata tersebut, mereka memilih untuk berdagang di sekitar obyek wisata Bukit Tronggolasi dan menjadikan usaha dagang mereka sebagai mata pencaharian tetap mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Desa Wisata; lapangan kerja; ekonomi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 25 Sep 2023 06:35
Last Modified: 25 Sep 2023 06:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21193

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics