Pengembangan media pembelajaran KATIKA (Kampoeng Matematika) untuk kemampuan pemahaman konsep pada materi SPLDV (sistem persamaan linear dua variabel)
Nurjannah, Ida (2022) Pengembangan media pembelajaran KATIKA (Kampoeng Matematika) untuk kemampuan pemahaman konsep pada materi SPLDV (sistem persamaan linear dua variabel). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1608056059_Ida_Nurjannah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Matematika merupakan salah satu pelajaran yang diajarkan di jenjang SMP. Berdasarkan observasi dan analisis kebutuhan yang dilakukan di SMP Negeri 2 Trangkil, diperoleh bahwa peserta didik mengalai kesulitan dalam memahami konsep materi sistem persamaan linear dua variabel dan kurangnya variasi media pembelajaran untuk menjelaskan konsep selama pembelajaran daring. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran KATIKA (Kampoeng Matematika) berupa aplikasi android berbantuan Construct 2 Game Engine untuk kemampuan pemahaman konsep pada materi sistem persamaan linear dua variabel dan mengetahui kevalidan dan kepraktisan media. Penelitian ini merupakan penelitan dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahapan, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Uji validitas oleh validator ahli menunjukkan bahwa media pembelajaran termasuk dalam kriteria valid, dalam arti media pembelajaran layak untuk digunakan dalam tahap uji coba produk. Uji kepraktisan berdasarkan tangapan perseta didik menunjukkan media pembelajaran termasuk dalam kriteria praktis. Sedangkan hasil tanggapan guru menunjukkan media pembelajaran termasuk dalam kriteria sangat pratis. Hal ini mengartikan media pembelajaran mudah didapat dan digunakan, menarik perhatian peserta didik, dan membantu dalam memahami konsep materi SPLDV. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran KATIKA yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran; Kemampuan pemahaman konsep; Sistem persamaan linear dua variabel |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 09:20 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 09:20 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21244 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year