Hubungan peran orang tua dan kebiasaan belajar terhadap motivasi belajar kelas VIII di MTsN 9 Blitar tahun ajaran 2021/2022
Fuad, Muhammad Faisal (2022) Hubungan peran orang tua dan kebiasaan belajar terhadap motivasi belajar kelas VIII di MTsN 9 Blitar tahun ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1708056002_Muhammad_Faisal_Fuad.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Kurangnya keterlibatan orang tua dalam mengarahkan kebiasaan belajar yang baik kepada anak dan keterlibatan orang tua terhadap pembelajaran siswa belum memberikan motivasi yang kuat kepada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peran orang tua terhadap motivasi belajar kelas VIII di MTsN 9 Blitar, dan mengetahui hubungan kebiasaan belajar terhadap motivasi belajar kelas VIII di MTsN 9 Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain survey. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara penyebaran angket kepada siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran orang tua tidak berhubungan secara signifikan berdasarkan hasil uji rank spearman pada signifikansi sebesar 0,636> 0,05.dan pada taraf kekuatan korelasi didapat hasil -0,055 dengan hasil negatif sehingga bisa dikatakan tidak terdapat hubungan secara signifikan terhadap motivasi belajar kelas VIII di MTsN 9 Blitar. Variabel Kebiasaan belajar berhubungan secara signifikan, hal tersebut berdasarkan hasil rank spearman pada variabel kebiasaan belajar signifikansi sebesar 0,000 yang disimpulkan terdapat hubungan dengan variabel motivasi belajar, kekuatan korelasi sebesar 0,813 dapat dikelompokkan kedalam Nilai koefisien korelasi 0,800 sampai 1,000 berarti nilai hubungan sangat kuat terhadap motivasi belajar kelas VIII di MTsN 9 Blitar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran orang tua; Kebiasaan belajar; Motivasi belajar; Matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 09:33 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 09:33 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21245 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year