Pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi statistika kelas VIII di MTs Muhammadiyah 1 Sekampung Udik

Putri, Tenty Nofika (2022) Pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi statistika kelas VIII di MTs Muhammadiyah 1 Sekampung Udik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808056008_Tenty_Nofika_Putri] Text (Skripsi_1808056008_Tenty_Nofika_Putri)
Skripsi_1808056008_Tenty_Nofika_Putri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang hanya terfokus pada guru yang membuat siswa kurang aktif dan merasa bosan, sehingga materi yang disampaikan oleh guru tidak dapat diterima secara maksimal oleh siswa, oleh karena itu menyebabkan kurangnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and explaining (SFE) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi statistika kelas VIII di MTs Muhammadiyah 1 Sekampung Udik.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Eksperiment Design dengan rancangan desain Post-test Only Control Design. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Hasil analisis yang diperoleh adalah kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) lebih baik dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE). Beradasarkan hasil penelitian, penggunaan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) berpengaruh baik terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Student Facilitator and Explaining (SFE); Berpikir kritis matematis; Statistika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 02 Oct 2023 09:51
Last Modified: 02 Oct 2023 09:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21247

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics