Pengaruh model pembelajaran KUASAI dengan strategi Writing in Performance Tasks (WiPT) terhadap kemampuan menulis matematis peserta didik SMP Negeri 2 Terbanggi Besar

Aulia, Fricilia Nanda (2022) Pengaruh model pembelajaran KUASAI dengan strategi Writing in Performance Tasks (WiPT) terhadap kemampuan menulis matematis peserta didik SMP Negeri 2 Terbanggi Besar. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808056017_Fricilia_Nanda_Aulia] Text (Skripsi_1808056017_Fricilia_Nanda_Aulia)
Skripsi_1808056017_Fricilia_Nanda_Aulia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang hanya terfokus pada guru sehingga membuat peserta didik kurang aktif dan rendahnya kemampuan menulis matematis peserta didik dalam menyelesaikan persoalan matematis terkhususnya peserta didik kelas VII SMP yang berkaitan dengan materi persamaan linier satu variable (PLSV). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari diterapkanya model pembelajaran KUASAI dengan strategi Writing in Performance Tasks (WiPT) dalam kemampuan menulis matematis peserta didik SMP Negeri 2 Terbanggi Besar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest kontrol group design. Sedangkan pengambilan data dalam penelitian menggunakan tes berupa tes uraian yang berisikan 5 butir soal pretest dan 5 butir soal posttest. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran KUASAI dengan strategi Writing in Performance Tasks (WiPT) lebih baik dibandingkan dengan kemampuan menulis matematis peserta didik yang tidak menggunakan model pembelajaran KUASAI dengan strategi Writing in Performance Tasks (WiPT). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, penggunaan model pembelajaran KUASAI dengan strategi Writing in Performance Tasks (WiPT) berpengaruh baik terhadap kemampuan menulis matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; KUASAI; Writing in Performance Tasks (WiPT); Kemampuan menulis matematis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 02 Oct 2023 10:17
Last Modified: 02 Oct 2023 10:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21250

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics