Analisis kemampuan berpikir kritis berdasarkan disposisi matematis siswa pada materi barisan dan deret

Salamah, Naila Daris (2022) Analisis kemampuan berpikir kritis berdasarkan disposisi matematis siswa pada materi barisan dan deret. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808056044_Naila_Daris_Salamah] Text (Skripsi_1808056044_Naila_Daris_Salamah)
Skripsi_1808056044_Naila_Daris_Salamah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis berdasarkan disposisi matematis siswa pada materi barisan dan deret. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Banyaknya subjek yang digunakan yaitu ada enam subjek, dua subjek disposisi matematis tinggi, dua subjek disposisi matematis sedang, dan dua subjek disposisi matematis rendah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, dan wawancara. Hasil angket digunakan untuk mengelompokkan disposisi matematis. Hasil tes dan wawancara untuk kemampuan berpikir kritis, kemudian dianalisis berdasarkan disposisi matematis siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dua subjek penelitian dengan disposisi matematis tinggi dapat memenuhi 3 dari 4 indikator kemampuan berpikir kritis. Dua subjek penelitian dengan disposisi matematis sedang memiliki kemampuan berpikir kritis yang berbeda. Salah satu subjek mampu memenuhi 3 dari 4 indikator kemampuan berpikir kritis. Subjek satunya lagi hanya memenuhi 2 dari 4 indikator kemampuan berpikir kritis. Dua subjek penelitian dengan disposisi matematis rendah juga memiliki kemampuan berpikir kritis yang berbeda. Salah satu subjek mampu memenuhi 1 dari 4 indikator kemampuan berpikir kritis. Subjek satunya lagi tidak mampu memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis; Disposisi Matematis; Barisan; Deret
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Oct 2023 08:20
Last Modified: 03 Oct 2023 10:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21263

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics