Efektivitas model pembelajaran deep dialogue critical thinking (DDCT) terhadap pemahaman konsep matematis pada materi pola bilangan di MTs Al Islam Sumurrejo
Nazilah, Amy Siti (2022) Efektivitas model pembelajaran deep dialogue critical thinking (DDCT) terhadap pemahaman konsep matematis pada materi pola bilangan di MTs Al Islam Sumurrejo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1808056049_Amy_Siti_Nazilah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII pada materi pola bilangan di MTs Al Islam Sumurrejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking (DDCT) dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi pola bilangan di MTs Al Islam Sumurrejo. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen, dengan desain one group pretest-posttest design. Data berasal dari hasil tes yang kemudian dianalisis menggunakan uji Paired Sample T-test dan uji efektivitas N-Gain.
Berdasarkan hasil penelitian untuk rata-rata nilai posttest lebih baik dari pada nilai pretest hal tersebut ditunjukkan hasil uji perbedaan rata-rata dengan Uji Paired Sample T-test diperoleh thitung=18,378 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel=1,711 maka thitung>ttabel sehingga Ho ditolak. Artinya, ada perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen sebelum dan sesudah menggunakan model Deep Dialogue Critical Thinking (DDCT). Kemudian, diperoleh nilai N-Gain =0,81 pada kategori tinggi dengan presentase nilai N-Gain =81% hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model DDCT efektif. Artinya, penggunaan model pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking (DDCT) dinyatakan efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi pola bilangan kelas VIII MTs Al Islam Sumurrejo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemahaman; Konsep Matematis; Model Pembelajaran; Deep Dialogue Critical Thinking (DDCT); Pola Bilangan |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 08:44 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 08:44 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21264 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year